KPU Kota Bima Hadiri Bimtek SIAKBA

Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Kota Bima bersama dua pegawai saat Pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Anggota KPU da...

Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Kota Bima bersama dua pegawai saat Pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc, di Hotel Lombok Raya, Jum’at (7/10/2022)


Aktualita, MATARAM - Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota, Yety Safriati, Kasubbag Hukum dan SDM, Nining Agusyuni, dan Operator SIAKBA, Awaluddin, Jum’at (7/10/2022) menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA). Kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi NTB tersebut dihadiri oleh KPU Kabupaten/Kota se Provinsi NTB.  

Kabag Hukum dan SDM KPU Provinsi NTB, Lalu Nizamudin dalam laporannya menjelaskan, kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan dalam rangka pengenalan Aplikasi SIAKBA. Dimana kehadiran aplikasi tersebut menurutnya, akan memberikan kemudahan bagi penyelenggara Pemilu dalam melakukan perekruatan Badan Adhoc. Mulai dari tahapan pendaftaran, verifikasi, tes tertulis hingga wawancara. 

Sementara Ketua KPU NTB, Suhardi Soud dalam sambutannya menjelaskan, SIAKBA merupakan Aplikasi baru. Dimana kehadiran aplikasi tersebut menurutnya akan memberikan kemudahan bagi penyelenggara dalam proses perekrutan Badan Adhoc. Bahkan aplikasi ini menurut Suhardi, akan mampu mendeteksi periodesasi penyelenggara adhoc. 

“Kalau seseorang sudah menjadi anggota badan adhoc selama dua periode, maka secara otomatis saat mendaftar akan ditolak oleh SIAKBA untuk tingkatan yang sama,” tuturnya. 

Diakui Suhardi, Komisi Pemilihan Umum sudah memiliki banyak Aplikasi dan familiar dengan Aplikasi – Aplikasi tersebut, sehingga Admin dan Operator tidak sulit untuk memahami Aplikasi SIAKBA. Suhardi berharap, semua peserta Bimtek mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, sehingga bisa dipahami dengan teliti dan diaplikasikan pada saat seleksi penyelenggara Pemilu untuk Badan Adhoc.

“Pahami seperti apa cara kerja SIAKBA ini,” tutup Suhardi. 

Sementara pada kesempatan itu, Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Provinsi NTB, Agus Hilman menyampaikan materi sosialisasi tentang “Pelatihan SIAKBA”. Dijelaskan Hilman, dalam penyelenggara Pemilu ada 3 elemen penting. Yakni, Penyelenggara, Peserta dan Pemilih. Untuk Peserta Pemilu, KPU RI telah menyiapkan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan dan Sistem Informasi Partai Politik, sedangkan untuk pemilih, KPU RI telah menyiapkan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH). 

“Untuk Penyelenggara Pemilu, KPU RI telah menghadirkan Aplikasi SIAKBA, untuk memuat informasi anggota KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota dan Badan Adhoc, serta untuk mempermudah proses pendaftaran perekrutan anggota KPU dan Badan Adhoc,” jelas Hilman.

Kegiatan Pengenalan dan Bimtek SIAKBA ini diakhiri dengan penyampaian materi pengenalan Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc oleh Operator SIAKBA KPU Provinsi NTB, Eliza.

[akt.03]



Related

Politik 1598162617550048701

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

item