Empat Tahun Kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima, ini Deretan Keberhasilan Pembangunan dan Torehan Prestasi 2018-2022

  Susana acara tasyakuran memperingati 4 tahun kepemimpinan Lutfi-Feri Aktualita, Kota Bima - Pemerintah Kota Bima menggelar Tasyakuran dala...

 

Susana acara tasyakuran memperingati 4 tahun kepemimpinan Lutfi-Feri

Aktualita, Kota Bima - Pemerintah Kota Bima menggelar Tasyakuran dalam rangka memperingati 4 tahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Bima, Senin, 26 September 2022.

Acara berlangsung meriah di halaman depan kantor Pemkot Bima, Senin malam, pukul 19.30 Wita hingga pukul 23.00 Wita. Sedikitnya 1000 tamu undangan menghadiri acara tersebut.

Wali Kota Bima HM Lutfi dalam sambutannya menyampaikan banyak prestasi yang ditoreh Pemkot Bima di tengah keterbatasan anggaran yang dimiliki. Daerah ini bisa maju dan berkembang, ketika Pemerintah Kota Bima mendorong partisipasi masyarakatnya.

Untuk mengisi pembangunan di Kota Bima, katanya, Pemkot melibatkan berbagai stakeholder, pengusaha, pemilik kampus, akademisi dan semua elemen masyarakat. Tidak mungkin Kota Bima ini bisa mengalami suatu kemajuan yang pesat tanpa melibatkan seluruh instrumen yang ada.

"Saya ingat betul ketika pertama kali masuk memimpin Kota Bima ini bahwa kita berada di peringkat 317. Namun dua tahun kemudian, pada tahun 2020, kita berada pada peringkat ke 15. Ini hasil kerjasama kita semua, bukan kerja secara personal," ungkap walikota.

Pelayanan ini, lanjutnya, menginginkan adanya kehadiran negara dan pemerintah di tengah-tengah masyarakat. Maka itu, dari sekian banyak OPD tidak lagi sibuk mengurus administrasi tetapi terlibat langsung di tengah masyarakat.

"Kita harus mampu juga melakukan inovasi-inovasi yang bisa mendapatkan nilai tambah, seperti inovasi peringkat pertama yang diraih oleh Rumah Aspirasi. Karena di sana diletakan aspirasi masyarakat yang bisa memberi nilai tambah. Prestasi yang ditoreh bukan gagasan personal, tetapi gagasan kolektif," bebernya.

Pada kegiatan festival rimpu, begitu banyak masyarakat yang berpartisipasi. Dari kegiatan tersebut tidak ada sepeserpun uang Pemkot yang keluar untuk memfasilitasi partisipasi masyarakat. "Sarung, transportasi dan komunikasi konsumsi masyarakat membiayai dirinya sendiri pada gelaran festival tersebut," sebutnya.

"Kadang-kadang kita berpikir menjadi ASN kita hanya mengerjakan yang rutinitas. Kalau kita terjebak oleh hal yang sifatnya rutinitas, kita akan tertinggal karena pada akhirnya akan memberikan satu nilai pelayanan yang tidak maksimal," sambungnya.

Menurut walikota, ASN harus berpikir bagaimana perangkat daerah ini memberikan satu nilai tambah yang bermanfaat bagi masyarakat. Karena itu, Ia mendorong inovasi-inovasi sehingga masyarakat merasa bahwa pemerintah dan negara hadir di tengah-tengah mereka. 

"Bukan berarti kita ingin mencari berbagai piagam penghargaan. Kita telah meletakkan inovasi seperti Comand Center dengan operator yang koordinasikan seluruh peraturan masyarakat," tandasnya.

Walikota sangat percaya walaupun Comand Center hal yang baru di Kota Bima, namun seluruh OPD proaktif bergerak membantu. "Dan saya menginginkan OPD betul-betul terhubung di tengah-tengah masyarakat. Itu menjadi satu kepercayaan dan satu keharusan," tegasnya.

Empat tahun adalah waktu yang cukup panjang. Semua perangkat mengisi dan membangkitkan diri untuk memajukan kota. "Saya yakin dan percaya, tahun-tahun yang akan datang kita akan menyongsong yang lebih baik lagi, walaupun kita sadar tidak selalu membangun itu menggunakan dana APBD," terang walikota.

Pemkot, katanya, sudah berkomitmen dengan JICA yang akan membangun, baik di Sungai Padolo maupun Sungai Melayu dengan anggaran Rp275 miliar. Begitu juga perkotaan dampak dari banjir, Pemkot sudah berkoordinasi dan berkomitmen untuk membangun melalui program itu. "Tidak mudah kita mendapatkan anggaran sebesar ini," ujarnya.

Begitu juga tahun akan datang, akan dibangun Rumah Sakit Angkatan Darat yang ada di Kota Bima. Di Kota Bima juga akan berdiri Kampus IAIN sambil menunggu pengalihan fungsi hutan yang akan diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. 

"Nah, kerja-kerja ini semua baik (bidang kesehatan dan pendidikan) yang harus kita dorong, karena sumber daya manusia merupakan kekuatan bagi daerah manapun untuk membangun wilayah," tuturnya 

Walikota menegaskan, untuk membangun diperlukan satu kekuatan sumberdaya manusia dan kesadaran manusia. Apalagi, indeks pembangunan manusia Kota Bima sebagai wilayah nomor 2 dibandingkan Kota Mataram. 

"Kita harus bersyukur dengan indeks pembangunan manusia yang kita miliki, karena ini merupakan modal dasar. Artinya, modal yang kita bisa berikan kepada masyarakat di tahun keempat ini sebagai satu refleksi besar terhadap perjalanannya pemerintahan saya dengan Bapak Feri Sofiyan," pungkas walikota.

Tasyakuran memperingati 4 tahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Bima dihadiri Ketua TP-PKK Kota Bima Hj Ellya Alwaini, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M Noer, Dandim 1608/Bima Letkol M Zia Ulhaq, Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, Ketua DPRD Kota Bima Aldian Indra Wirawan dan anggota.

Selain itu, dihadiri pula oleh Sekda Kota Bima Mukhtar Landa, seluruh Staf Ahli, seluruh Asisten, seluruh Kepala Perangkat Daerah, seluruh Kabag, seluruh Camat dan Lurah se-Kota Bima, seluruh jajaran dan staf lingkup Pemerintah Kota Bima, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Ormas dan OKP serta masyarakat Kota Bima.

Acara dirangkai dengan pemberian hadiah berupa uang pembinaan masing-masing Rp10 juta kepada 4 orang yang meraih juara MTQ Tingkat NTB. Mereka ini akan mengikuti MTQ Nasional ke-29 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kemudian, pemberian piagam penghargaan kepada para penerima inovasi.

Setelah itu, pemutaran video monumental tentang perjalanan 4 tahun kepemimpinan Wali dan Wakil Walikota Bima, HM Lutfi dan Feri Sofiyan. 

Wali Kota Bima, Bupati Bima dan Wabup Bima saat acara tasyakuran memperingati 4 tahun kepemimpinan Wali dan Wakil Wali Kota Bima.

BERIKUT TOREHAN PRESTASI PEMKOT BIMA SELAMA KURUN WAKTU TAHUN 2018-2022

1. TAHUN 2018 KELURAHAN LELAMASE BERHASIL MERAIH JUARA II TINGKAT PROVINSI NTB PADA LOMBA PERLINDUNGAN MATA AIR.

 2. PENGHARGAAN PANGRIPTA NUSANTARA DARI GUBERNUR NTB ATAS PENCAPAIAN INDIKATOR STRATEGIS RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH 2013-2018 TAHUN 2018.

3. PELAYANAN PUSAT KELUARGA SEJAHTERA ( PPKS ) LAMBA ANGI KECAMATAN RASANAE TIMUR KOTA BIMA MERAIH JUARA I LOMBA PPKS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2018.

4. MERAIH JKN AWARD DARI MENTERI KESEHATAN ATAS KEBERHASILAN MENGINTEGRASIKAN PROGRAM BPJS DENGAN ASKES TAHUN 2019. 

5. PUSAT KESEHATAN HEWAN ( PUSKESWAN ) RASANAE BARAT KOTA BIMA MERAIH PENGHARGAAN ABDIBAKTITANI TAHUN 2018 DARI MENTERI PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA.

6. PENGHARGAAN DARI MENTERI KEUANGAN TERHADAP OPINI WTP SEBANYAK 5X BERTURUT TURUT TAHUN 2019.

7. PENGHARGAAN WALIKOTA BIMA SEBAGAI PEMBINA UMUM TERBAIK KARANG TARUNA KABUPATEN / KOTA OLEH MENTERI SOSIAL TAHUN 2019.

8. PENGHARGAAN DARI KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI SEBAGAI PUBLIK PENYELENGGARA PELAYANAN KATEGORI " BAIK " TAHUN 2020.

9. MERAIH PIAGAM DARI KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM ATAS KOMITMEN UNTUK MEMENUHI ANTARA KEBUTUHAN DASAR MASYARAKAT, ANTARA LAIN : MENEKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN ANAK PEMBANGUNAN DRAINASE, PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH.

10. MERAIH PLAKAT WAHANA TATA NUGRAHA ATAS KOMITMEN UNTUK MEMBANGUN DAN MENATA SARANA / PRASARANA LALU LINTAS.

11. PIAGAM PENGHARGAAN ATAS PRESTASI SEBAGAI JUARA I KATEGORI KABUPATEN / KOTA TERBAIK DALAM RANGKA HARI ULANG TAHUN TNI KE 74 TAHUN 2019 DI WILAYAH NTB OLEH KOMANDAN KOREM 162/WB BRIGJEN AHMAD RIZAL RAMDANI, S.SOS .,SH . , M.HAN.

12. PIAGAM PENGHARGAAN SEBAGAI UCAPAN TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN DAN KERJASAMANYA DALAM KEGIATAN IKAL EDUFES II TAHUN 2019 OLEH KEPALA TKIT INSAN KAMIL ASMARIN S.PDI.

13. PIAGAM PENGHARGAAN ATAS PERAN SERTA SEBAGAI PEMBICARA PADA DIALOG NTB GEMILANG DENGAN TEMA MEMBANGUN GERAK PEMUDA DALAM MENJEMPUT NTB GEMILANG OLEH KETUA STISIP BIMA DRS. MUKHLIS ISHAKA, M.AP.

14. PIAGAM PENGHARGAAN KEMANUSIAAN DIBERIKAN KEPADA PEMERINTAH KOTA BIMA YANG BERPERAN AKTIF MEMBERIKAN BANTUAN KEMANUSIAAN UNTUK MUSLIM PALESTINA OLEH LALU MUHAMMAD ALFIAN SELAKU BRANCH MANAJER AKSI CEPAT TANGGAP NTB.

15. ANUGRAH PENDIDIKAN INDONESIA 2019 ATAS JASA - JASA DAN KEPEDULIAN YANG TINGGI DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPENTENSI GURU DAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM RANGKA HUT KE - 10 IKATAN GURU INDONESIA . TANGGAL 20 SEPTEMBER 2019 OLEH KETUA UMUM IKATAN GURU INDONESIA MUHAMMAD RAMLI RAHIM.

16. PIAGAM PENGHARGAAN KHAFILAH KOTA BIMA SEBAGAI JUARA UMUM PADA MTQ KE XXVIII TK . PROV . NTB . 9 OKTEBER 2019 OLEH GUBERNUR NTB DR . H. ZULKIFLIMANSYAH , SE . , M.SC.

17. PIAGAM PENGHARGAAN MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA ATAS REKOR MENGENAKAN BUSANA RIMPU TERBANYAK. JAKARTA 12 PESERTA OKTOBER 2019 OLEH PROF . DR.H.C.KP JAYA SUPRANA.

18. PIAGAM PENGHARGAAN ATAS PRESTASI DALAM AKUNTABILITAS KINERJA TAHUN 2019 DENGAN PREDIKAT NILAI B , OLEH MENTERI PENDAYAGUNAAN DAN APARATUR NEGARA REFORMASI BIROKRASI , JAKARTA , 27 JANUARI 2020. 

19. PIAGAM PENGHARGAAN ATAS DUKUNGAN PELAKSANAAN SOSIALISASI PELAYANAN KANTOR BAYAR BANK SYARIAH MANDIRI ( BSM ) SEBAGAIMITRA PT . TASPEN DAN PEMBIAYAAN PRA - PENSIUN BSM , KOTA BIMA , 20 JANUARI 2020.

20. H. MUHAMMAD LUTFI , SE MENDAPATKAN PIAGAM PENGHARGAAN ATAS PARTISIPASI SEBAGAI PEMATERI DALAM SEMINAR NASIONAL DENGAN TEMA " BINCANG COVID - 19 DI BIMA, DAMPAK DAN SOLUSI.

21. PIAGAM PENGHARGAAN SINERGISITAS TERBAIK KE DUA OLEH DANREM 162 / WIRA BHAKTI , MATARAM 5 OKTOBER 2020. 

22. PIAGAM PENGHARGAAN KEPADA PEMERINTAH KOTA BIMA SEBAGAI KOTA CUKUP PEDULI HAK ASASI MANUSIA PADA TAHUN 2019 DARI MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA RI , JAKARTA 7 DESEMBER 2020.

23. ANUGRAH KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK TAHUN 2020 TINGKAT PROV . NTB SEBAGAI BADAN PUBLIK INFORMATIF DARI KOMISI INFORMASI PROV . NTB MATARAM , 7 DESEMBER 2020. 

24. PIAGAM PENGHARGAAN SEBAGAI KOTA SANGAT INOVATIF , INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD 2020 OLEH MENTERI DALAM NEGERI RI , JAKARTA 19 DESEMBER 2020.

25. PIAGAM PENGHARGAAN ATAS CAPAIAN OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN ( WTP ) 7 KALI BERTURUT - TURUT, KOTA BIMA 26 OKTOBER 2020.

26. PENGHARGAAN TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK YAKNI INOVASI " SMART CLOUD " DARI KEMENPAN RB , TAHUN 2021.

27. PEMERINTAH KOTA BIMA MERAIH PENGHARGAAN NTB GEMILANG WORLD , ATAS PRESTASINYA SEBAGAI KOTA TERBAIK DALAM PEMBANGUNAN DAERAH DI NTB ( 2021 ) , DI MATARAM PADA TANGGAL 28 MARET 2022. 

28. PEMERINTAHAN KOTA BIMA RAIH WTP KE - 8 KALINYA , PADA 10 MEI 2022. 

29. KOTA BIMA MERAIH PENGHARGAAN SEBAGAI KOTA LAYAK ANAK DENGAN KATEGORI MADYA KOTA LAYAK ANAK ( KLA ) TAHUN 2022 PADA SABTU , 23 JULI 2022.

30. PENGHARGAAN MANGGALA KARYA KENCANA ( MKK ) 2022 BERSAMA KETUA TP PKK KOTA BIMA HJ ELLYA HM LUTFI YANG JUGA MENERIMA PENGHARGAAN YANG SAMA DARI BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL ( BKKBN ) , DI HOTEL SANTIKA , KOTA MEDAN , RABU 6 JULI 2022.

31. H. MUHAMMAD LUTFI SE MENDAPATKAN PIAGAM PENGHARGAAN ATAS PARTISIPASI PADA PERAN AKTIF FASILITASI IMPLEMTASI PENCEGAHAN PEMBERANTASAN DAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA ( P4GN ) DI KOTA BIMA , JAKARTA 8 SEPTEMBER 2022.

32. PENGHARGAAN KOTA BIMA YANG LUAR BIASA PADA AWAL TAHUN 2022 SEBAGAI DIGITAL INNOVATION AWARD 2022 UNTUK KATEGORI DIGITAL INNOVATION FOR PUBLIC SERVICE DARI MNC PORTAL DI JAKARTA.

33. ANUGERAH DARI OMBUDSMAN RI, KEPATUHAN TINGGI STANDAR PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2021.

34. H. MUHAMMAD LUTFI , SE MENDAPATKAN PIAGAM PENGHARGAAN DAN APRESIASI ATAS TERBENTUKNYA GUGUS TUGAS GERAKAN NASIONAL REVOLUSI MENTAL DI KOTA BIMA , JAKARTA , SEPTEMBER 2022.

35. PENGHARGAAN TERBAIK SEBAGAI KEPALA DAERAH INOVATIF ( KDI ) TAHUN 2022 DARI KATEGORI PELAYANAN PUBLIK DENGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI RUMAH ASPIRASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK ( SIRAPP ) OLEH MNC PORTAL INDONESIA ( MPI ) , DI SEMARANG PADA KAMIS , 22 SEPTEMBER 2022.

KEBERHASILAN MELETAKKAN PONDASI YANG CUKUP KUAT PADA PEMBANGUNAN YANG ADA DI KOTA BIMA 

1. PENYELESAIAN PEMBANGUNAN MASJID RAYA AL MUWAHIDIN BIMA , PADA TAHUN 2020 INI PEMERINTAH KOTA BIMA MEMBERIKAN BANTUAN SEBESAR Rp.10 MILIAR.

2. PEMBANGUNAN MASJID KANTOR WALIKOTA BIMA YANG TELAH RAMPUNG PADA PENGHUJUNG TAHUN 2019 LALU , DAN SAAT INI TELAH DIGUNAKAN OLEH ASN DAN MASYARAKAT SEKITAR.

3. PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA KEAGAMAAN (BANTUAN PEMBANGUNAN MASJID SEKOTA BIMA).

4.MENYEDIAKAN BPJS BAGI SELURUH MASYARAKAT KOTA BIMA YANG TIDAK MAMPU.

5. MEMBERIKAN INSENTIF KEPADA BILAL , MARBOT DAN GURU NGAJI.

6. MEMBERIKAN INSENTIF RT / RW SEBESAR RP. 500 RB.

7. PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA LAWATA.

8. PENINGKATAN KAPASITAS EKONOMI MASYARAKAT MELALUI HIBAH BANSOS DI BEBERAPA INSTANSI , SEPERTI DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN , DINAS SOSIAL , DINAS KOPERINDAG DAN DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN.

9. AKREDITASI RSUD KOTA BIMA DAN PENUNJANG KESEHATAN LAINNYA.

10. PEMBANGUNAN DUA PUSKESMAS YAKNI PUSKESMAS PARUGA DAN PUSKESMAS RASANAE TIMUR.

11. PEMBANGUNAN SARANA / PRASARANA PASAR ( PASAR SENGGOL DAN PASAR RAYA ).

12. PEMBANGUNAN RUANG TERBUKA PUBLIK " TAMAN KODO " 

13. PEMBERIAN AMBULANCE KEPADA BEBERAPA KELURAHAN.

14. PENAMBAHAN PENERANGAN JALAN ( PJU ) SEBANYAK 114 UNIT.

15. MELAKUKAN REHABILITASI PEMELIHARAAN 2 ( DUA ) DAM UMUM.

16. PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA AIR MINUM DENGAN MELAKUKAN PENGEBORAN DI 5 ( LIMA ) TITIK DAN KERJASAMA DENGAN PDAM BIMA TIRTA.

17. PEMBANGUNAN DAN PEMASANGAN JARINGAN DISTRIBUSI AIR MINUM PADA 5 ( LIMA ) KELURAHAN. 

18. PEMBANGUNAN IPAL KOMUNAL SKALA KAWASAN.

19. PEMBANGUNAN SARANA SANITASI INDIVIDUAL DI 10 KELURAHAN. 

20. PENATAAN DESTINASI WISATA KOLO.

21. PENATAAN RUANG TERBUKA PUBLIK , LAPANGAN PAHLAWAN RABA.

22. PEMBANGUNAN COMMAND CENTRE.

23. PEMBANGUNAN SAYAP KANTOR.

24. PEMBANGUNAN GEDUNG PERPUSTAKAAN KOTA BIMA.

25. PEMBANGUNAN JALAN SEMPADAN SUNGAI RABADOMPU BARAT DAN RONTU.

26. PEMBANGUNAN RUANG BELAJAR SDN 15 KOTA BIMA , NTOBO.

27. PEMBANGUNAN LABKESDA.

28. PEMBANGUNAN BLK.

29. PERSIAPAN LAHAN PEMBANGUNAN UNIVERITAS ISLAM NEGERI.

30. PEMBANGUNAN LAMPU PENERANGAN JALAN.

31. PEMBANGUNAN COLD STORAGE.

32. PENATAAN LAWATA PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KOLO.

33. PEMBANGUNAN KANTOR LURAH KODO REHAB KANTOR KEC . RASANAE TIMUR.

34. PEMBANGUNAN

RUMAH ASPIRASI ROLE MODEL KELURAHAN DARA. 

35. PEMBANGUNAN KANTOR LURAH ULE.

36. LANDSCAPE KANTOR WALIKOTA.

37. PENGADAAN MOTOR LURAH.

38. HIBAH PEMBANGUNAN MASJID / MUSHOLLA TERSEBAR

39. PEMELIHARAAN JALAN OIMBO - NTONGGU.

40. PEMELIHARAAN JALAN OI FO'O - WANGGE.

41. PEMELIHARAAN JALAN PAHLAWAN.

42. PENINGKATAN JALAN KOLO - NANGA RABA.

43. PENINGKATAN JALAN NGGARO TE.

44. PENINGKATAN JALAN KUMBE - KADOLE.

45. PENINGKATAN JALAN SAMBINAE - BEDI.

46. PEMBANGUNAN JEMBATAN KELURAHAN NTOBO . 

47. PEMBANGUNAN JEMBATAN KELURAHAN KENDO.

48. PEMELIHARAAN TERSEBAR . BERKALA JALAN KOTA.

[akt.01/*]

Related

Pemerintahan 3150192122791733340

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item