Kota Bima Wakili NTB Pada Ajang PPD 2022 Tingkat Nasional

Walikota didampingi Ketua DPRD dan Kepala Bappeda saat presentase capaian dan inovasi Pemkot Aktualita, Kota Bima – Bappeda dan Litbang Pro...

Walikota didampingi Ketua DPRD dan Kepala Bappeda saat presentase capaian dan inovasi Pemkot

Aktualita, Kota Bima – Bappeda dan Litbang Provinsi NTB bersama Lembaga Independen dari Universitas Mataram menilai perencanaan pembangunan daerah (PPD) Kota Bima. Untuk penentuan nominasi daerah dan penetapan Kota/kabupaten terbaik dalam penghargaan PPD tahun 2022.

Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi bersama Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan dan Kepala Bappeda Litbang Kota Bima Fakhrurazi, mempresentasikan capaian dan inovasi Pemkot yang menjadi pokok penilaian dalam ajang penghargaan tersebut. Kegiatan itu dilaksanakan di aula kantor setempat, Kamis 9 Februari 2022,

Wali Kota menjelaskan, tolok ukur penilaian sejalan dengan cita-cita Pemkot yang berfokus pada peningkatan taraf kesejahteraan dan ekonomi masyarakat, melalui pelayanan yang optimal dan tepat sasaran. 

Berkaca dari tahun sebelumnya kata dia, Pemkot menempati posisi 15 besar nasional. Pemkot optimis untuk mempertahankan kembali dan meningkatkan kualitas dengan lebih fokus pada sejumlah indikator. Diantaranya, pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan PDRB per kapita, indeks pembangunan manusia (IPM), dan dukungan program prioritas daerah RKPD 2021 terhadap kegiatan prioritas pada prioritas nasional revolusi mental dan pembangunan kebudayaan RKP 2021.

Dengan menyinergikan pelayanan berbasis teknologi akan memudahkan tujuan Pemkot Bima dalam menjangkau masyarakatnya dengan lebih cepat dan tepat. Hal itu pula yang melatarbelakangi Pemkot Bima dalam memperoleh penganugerahan predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik tahun 2021.

"Bagaimana upaya pemerintah ini betul-betul bisa dirasakan oleh masyarakat kita dengan memiliki big data tentang jumlah masyarakat yang membutuhkan bantuan, masyarakat yang berkekurangan, dan lain sebagainya. Dengan adanya aplikasi SIMATIK yang mumpuni kita bisa menelaah masyarakat yang perlu untuk diperhatikan," jelas wali kota.

Mengamini inovasi tersebut perwakilan Bappeda Litbang NTB selaku tim penilai, Adi Purnawan, mengapresiasi berbagai pencapaian inovasi yang dihadirkan Pemkot Bima. 

Ia mengatakan, ajang penghargaan PPD merupakan salah satu bentuk evaluasi pembangunan daerah yang dilakukan Kementerian Bappenas. Untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada daerah, agar lebih meningkatkan kualitas perencanaan dan pencapaian inovasi pembangunan di daerahnya.

"Dengan adanya Kota Bima sebagai satu-satunya perwakilan NTB untuk kategori kota dalam perlombaan ini, harapan kami dalam prosesnya semua hal-hal yang sudah di upload akan bisa diverifikasi dan ada nilai plus yang bisa di bawa ke tingkat nasional. Semoga Kota Bima bisa masuk dalam nominasi PPD tahun 2022,”  tuturp Ady. 

 [akt.02]

Related

Pemerintahan 517049409603091258

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item