Tekad Danrem Cegah Ilegal Loging di Wilayah Monta-Parado, Bentuk Satgas Terpadu Awasi Hutan Lindung

  Danrem 162/WB dan jajaran saat meninjau kondisi pegunungan Parado.  AKTUALITA.INFO , KABUPATEN BIMA - Komandan Korem 162/WB Brigjen Ahma...

 

Danrem 162/WB dan jajaran saat meninjau kondisi pegunungan Parado. 

AKTUALITA.INFO, KABUPATEN BIMA - Komandan Korem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani SSos SH MHan, akan membentuk Satuan Tugas Terpadu untuk mencegah kerusakan hutan di pegunungan Kecamatan Monta dan Parado.

Satgas Terpadu ini terdiri dari TNI-Polri, KPH, pemerintah kecamatan dan desa, termasuk masyarakat. Tugasnya, untuk mencegah peladangan liar, ilegal loging dan mengawasi keluarnya kayu-kayu hutan lindung oleh oknum masyarakat.

“Kami nanti sesuai arahan pimpinan, akan membuat Satgas Terpadu. Satgas ini kami libatkan teman-teman media juga supaya ada keseimbangan berita. Selain ada aparat dari pemerintah maupun TNI dan Polri. Sehingga sama-sama kita terlibat untuk menjaga alam kita. Ini arahan dari pimpinan,” jelas Danrem saat penanaman bibit pohon di pegunungan perbatasan Kecamatan Monta dan Parado, Rabu (21/4).

Jenderal bintang satu ini mengatakan, selaras dengan itu Gubernur NTB telah mengeluarkan moratorium tentang kayu. Untuk menjaga kelestarian hutan, kayu yang bersumber dari hutan di NTB tidak boleh diangkut ke daerah lain atau keluar dari wilayah NTB.

Jika hal itu terjadi, aparat akan menindak tegas. Bahkan, bisa dimabil tindakan secara represif.

“Jadi, kayu di NTB tidak ada yang keluar dari NTB. Sehingga tidak ada lagi praktik ilegal loging. Segala bentuk ilegal loging di lahan-lahan pemerintah, itu bisa diambil tindakan secera represif,” tandasnya.

Soal ilegal loging tambah Danrem, pihaknya akan membuat Pospam Terpadu. Pos tersebut akan difungsikan 1x24 jam dan ditempati oleh Satgas Terpadu.

“Nanti kita akan buatkan pos supaya tidak ada lagi kayu-kayu yang keluar dari wilayah ini,” pungkas Danrem.

[akt.02] 

Baca juga: Reboisasi di Pegunungan Parado, Danrem Bertekad Kembalikan Fungsi Hutan

Related

Ragam 1206140724428382480

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item