Jaga Kelestarian Hutan, Kodim Bima Intens Patroli Hutan

Babinsa Desa Mpuri Serda Fatahullah bersama Bhabinkamtibmas dan KPH Bolo Madapangga saat patroli hutan di So Tunda Laju Desa Mpuri. AKTUALIT...

Babinsa Desa Mpuri Serda Fatahullah bersama Bhabinkamtibmas dan KPH Bolo Madapangga saat patroli hutan di So Tunda Laju Desa Mpuri.


AKTUALITA.INFO, BIMA - Meski di tengah pandemi Covid-19, aparat TNI Kodim 1608 Bima tetap intens menjaga hutan dengan menggiatkan patroli. Hutan merupakan sumber kehidupan, sehingga penting dijaga kelestariannya.

Rabu (21/10), Bintara Pembina (Babinsa) Desa Mpuri Kecamatan Madapangga Koramil 1608-02 Bolo Serda Fatahullah melaksanakan patroli hutan di So (watasan) Tunda Laju Desa Mpuri.

Patroli hutan dilakukan bersama Kepala Resort Pengelolaan Hutan Bolo Madapangga dan 4 anggota,  Bhabinkamtibmas Desa Mpuri dan sejumlah perwakilan masyarakat. Mereka menyisir kawasan hutan setempat, memeriksa kondisi hutan dari penebangan pohon dan perladangan liar oknum masyarakat.  

Dandim 1608 Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal mengatakan, patroli hutan tersebut merupakan sinergitas TNI, Polri, instansi terkait dan masyarakat. Koramil Jajaran terus didorong untuk menjaga hutan agar tetap asri dan lestari. 

Dia menuturkan, sekian banyak pohon yang ditanam tidak bakalan tumbuh karena kebijakan yang tumpah tindih antara pusat dan daerah. 

“Salah satu contohny adalah program tanam jagung. Banyak masyarakat yang tanam jagung serta tanam bawang di tanah hutan tutupan negara,” katanya.

Pria asal Aceh ini mengatakan, kurangnya kesadaran dalam hal pengelolaan hutan, menyebabkan banyak masyarakat yang membuka lahan baru.

“Yang paling penting dan utama adalah kesadaran pribadi, baru kita memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan hutan. Contoh kecilnya, dengan membuang sampah pada tempatnya,” kata Dandim.

Penegakan hukum terhadap perusak hutan kata dia, harus ditegakkan. Dandim menyampaikan, beberapa waktu lalu mengikuti kegiatan yang diselenggarakan BLH NTB.

“Kegiatan tersebut dalam rangka bersinergi menjaga hutan menuju NTB Asri dan Lestari. Kami diminta untuk menjaga kelestarian hutan di wilayah teritorial Kodim Bima,” akunya.

Dandim mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan hutan, untuk menjaga Kamtibmas dan menjaga kelestarian hutan lindung. “Menjaga kelestarian hutan penting untuk mencegah terjadinya bencana alam,” tandasnya. 

[akt.01]

Related

Hukrim 6308999502976473023

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

HARI LAHIR PANCASILA

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item