Polisi Perketat Pemeriksaan Penumpang Kapal di Pelabuhan Bima

Kapal Patroli Mabes Polri saat bersandar di Pelabuhan Kota Bima beberapa waktu lalu. [akt] AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA - Kepolisian Sekt...

Kapal Patroli Mabes Polri saat bersandar di Pelabuhan Kota Bima beberapa waktu lalu. [akt]

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Kepolisian Sektor (Polsek) Wilayah Pelabuhan Polres Bima Kota memperketat pengawasan terhadap aktivitas pelabuhan Kota Bima. Terutama pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang kapal motor dan kapal barang yang keluar masuk di pelabuhan Kota Bima, maupun tenaga kerja bongkar muat (TKBM).

Hal itu kata Kapolsek IPTU Ma’rufuddin, untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona desease 2019 (Covid-2019) yang berpotensi menyebar melalui penumpang dari luar daerah.

“Semua anggota dikerahkan untuk memonitoring setiap hari. Setiap kapal yang masuk di pelabuhan, dilakukan pengecekan terhadap anak buah kapal maupun penumpangnya sebelum turun ke daratan,” katanya di Polres Bima Kota, kemarin.

Ma’ruf menjelaskan, pengawasan dan pemeriksaan penumpang maupun ABK dan TKBM bekerjasama dengan pihak terkait. Dinas Kesehatan, BPBD, TNI, Polairud, PT Pelindo dan Syahbandar.

“Salahsatu langkah yang dilakukan adalah melakukan thermal scanner untuk mendeteksi peningkatan suhu tubuh penumpang dan ABK yang datang,” sebutnya.

Diakui, ada petugas kesehatan yang setiap hari standby di Pelabuhan. Dengan dua alat pengecek suhu tubuh (thermal scanner) dan mobil ambulance yang disiagakan di lokasi. “Dengan hadirnya petugas kesehatan dan fasilitasnya ini sangat membantu semua komponen yang ada di pelabuhan,” ujarnya.

Ma’ruf menuturkan, siaga darurat corona dengan terus mengawasi dan memeriksa aktivitas di pelabuhan sudah dilakukan sejak mencuatnya isu Covid-19. “Sudah dilakukan sejak mencuatnya corona. Semua anggota siaga sesuai arahan Kapolres,” pungkasnya.

[akt.01]

Related

Hukrim 2588657363027629325

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item