Laksanakan Giat P4GN, BNNK Bima Apresiasi Desa Tangga Baru

Kepala BNNK Bima AKBP Hurri Nugroho SH MH (tengah) saat menyampaikan materi pada giat P4GN di Desa Tanggara Baru. [akt/humbnnk] AKTUA...

Kepala BNNK Bima AKBP Hurri Nugroho SH MH (tengah) saat menyampaikan materi pada giat P4GN di Desa Tanggara Baru. [akt/humbnnk]

AKTUALITA.INFO, BIMA - Memberikan pemahaman bahaya Narkoba kepada masyarakat, Pemerintah Desa Tangga Baru Kecamatan Monta Kabupaten Bima menggelar sosialisasi bahaya Narkoba.

Kegiatan dengan tema ‘Menyelamatkan Generasi dari Bahaya Narkoba’ berlangsung di aula kantor desa setempat, Rabu (8/1). Dengan menghadirkan perwakilan pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Tangga Baru. 

Kepala BNNK Bima AKBP Hurri Nugroho SH MH mengapresiasi Kepala Desa Tangga Baru yang sudah mulai melaksanakan kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kata dia, kegiatan tersebut sebagai implementasi dari Inpres Nomor 6 Tahun 2018. Yang mengamanatkan kepada pemerintah mulai dari tingkat daerah hingga ke pemerintahan desa.
Perwira Polri yang pernah bertugas di Densus 88 Mabes Polri ini mengatakan, Desa Bersinar dapat diwujudkan dengan mendorong percepatan P4GN. Dengan menyiapkan dukungan operasional dan SDM, dalam pembentukan relawan-relawan anti Narkoba di setiap dusun.

Dijelaskannya, program Desa Bersinar merupakan pengejawantahan dari Inpres Nomor 6 tahun 2018 dan Permendagri Nomor 12 tahun 2019. Mewajibkan semua kementerian dan lembaga untuk turut aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba. “Serta mengajak pemerintah daerah dan stakeholder terkait agar bisa memfasilitasi,” kata Hurri melalui Bagian Humas BNNK Bima, Wahyu, Kamis (9/1).

Hurri mengajak semua pihak mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua yang ada di Desa Tangga Baru. Agar bisa saling monitor atau mengawasi. “Minimal kita mulai dari diri sendiri, keluarga kita masing-masing agar kita bisa terhindar dari bahaya penyalagunaan narkotika,” ujarnya.

Hurri mengingatkan, jangan memakai Narkoba. Sebagai orang tua harus proaktif dalam mengawasi pergaulan anak-anak di lingkungannya. “Jangan hanya dibiarkan bila ada anak-anak kita yang berperilaku tidak wajar, seperti sering begadang tengah malam dan keluyuran malam yang tidak jelas tujuannya,” ingat dia.

Orang tua, tutur Hurri, harus curiga terhadap perilaku anak yang mulai berubah. Dia juga mengajak masyarakat bila ada keluarganya yang sudah terlanjur menggunakan narkoba, agar bisa dibawa ke kantor BNNK Bima untuk mengikuti program rehabilitasi gratis.

Sosialisasi bahaya Narkoba di Desa Tangga Baru dihadiri narasumber lainnya. Yaitu Kasat Narkoba Polres Bima IPTU Wahyudin, Dokter Ririn dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, dan relawan dari Dinas Sosial Kasim SH.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 765811339309618182

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item