Kunker ke Polsek Wera dan Ambalawi, Kapolres Kembali Ingatkan Gatur Pagi dan Disiplin Anggota

Kapolres dan jajaran Polres Bima Kota foto bersama Kapolsek Wera dan jajaran. [akt/ist] AKTUALITA.INFO , BIMA – Kapolres Bima Kota AK...

Kapolres dan jajaran Polres Bima Kota foto bersama Kapolsek Wera dan jajaran. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, BIMA – Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono SIK SH melanjutkan kunjungan kerja (Kunker) ke setiap Polsek yang berada di wilyah hukum Polres Bima Kota Kamis (30/1). Polsek Wera dan Polsek Ambalawi, menjadi sasaran Kunker Kapolres kali ini.

Seperti Kunker ke Polsek-Polsek sebelumnya, Kapolres didampingi Ketua Bhayangkari Ny Retno Wicaksono, Wakapolres Kompol Syafrudin, Kasat Binmas AKP M Yamin, Kasat Reskrim IPTU Hilmi M Prayugo, Kasat Resnarkoba IPTU Masdidin, Kasat Intelkam, Kasat Lantas, Kasat Pol Air, Kasubag Sarpras, Kasi Propam, dan Kasiwas.

Kapolres mengawali kunjungannya ke Polsek Wera. Dia dan rombongan disambut Kapolsek Wera IPDA Rejoice Benedicto Manalu S.Tr.K dan jajarannya pukul 10.30 Wita.

Di Polsek Wera, Kapolres memberikan arahan pada jajaran Polsek untuk melaksanakan program Gerakan Pengaturan (Gatur) Pagi pada titik-titik yang menjadi pusat keramaian. Seperti di pasar dan sekolah-sekolah.

“Karena di sini (Wera) tidak ada trafic light (lampu Gatur Pagi dilaksankan di tempat keramaian seperti pasar dan sekolah. Dengan tujuan supaya masyarakat terbiasa melihat polisi dan masyarakat dekat dengan polisi,” katanya.

Gatur Pagi di sekolah terutama SD dan SMP, jelas Kapolres, untuk menanamkan kesan kepada anak-anak sekolah bahwa polisi itu baik. Karena masih ada orang tua yang menakuti anaknya dengan polisi. “Kalau anaknya rewel, ada polisi nanti ditangkap dan dipenjara polisi. Maka itu, kita ubah bahwa polisi sahabat anak,” terangnya.

Selanjutnya, Kapolres menyampaikan program berikutnya terkait penyelesaian perkara di luar pengadilan. Seperti, bila ada tetangga yang berkelahi, maka peran Bhabinkamtibmas menyelesaikan masalahnya secara musyawarah. Koordinasikan dengan Kanit Reskrim, Babinsa dan Kades.

“Penyelesaian masalah bisa dilakukan di kantor Koramil, kantor desa atau kantor polisi. Untuk itu, harapan saya Bhabinkamtibmas harus aktif,” harapnya.
Kapolres menuturkan, Bhabinkamtibmas juga mengemban fungsi intelijen terbuka. Karena itu, apabila ada informasi di masyarakat, disampaikan kepada Kapolsek.

Para Bhabinkamtibmas diharapkan dapat mengajar anak-anak di sekolah. Apabila ada sekolah yang kekurangan tenaga pendidik atau guru.

Kapolres juga mengingatkan agar personel Polsek yang belum memasang plat nomor kendaraan dinas, segera dipasang. Karena itu salah satu kedisiplinan. “Program saya berikutnya adalah penguatan Tupoksi sesuai fungsi masing-masing. Contohnya, Reskrim harus bisa mengungkap kasus dan menyelesaikan masalah,” pungkas Kapolres.

Wakapolres Kompol Syafruddin menyampaikan arahan terkait Kunker. Kata dia, Kunker dilaksankan untuk menyamakan persepsi mulai dari Mabes, Polda, Polres hingga Polsek.

Syafruddin mengingatkan bahwa Bhabinkamtibmas adalah polisi yang sempurna. Karena itu, harus bisa merangkul satu desa binaanya, menguasai seluruh fungsi yang ada di kepolisian, dan para bhabin harus bisa menyelesaikan masalah yang ringan.

“Para Bhabinkamtibmas berhasil apabila bisa menggalang warganya yang akan melaksanakan unjuk rasa, menjadi tidak melaksanakan. Karena Bhabin bisa menjelaskan apa yang diinginkan oleh wargannya,” jelas Syafruddin.

Dia menyentil sebagian personel Polsek yang tidak masuk kantor saat pelaksanaan Pilkades, dengan alasan lepas piket. Menurut Syafruddin, apabila dalam kedaan siaga atau situasi mendesak seperti Pilkades, semua perosnel wajib masuk kantor karena negara membutuhkan. “Tidak ada suatu tindak pidana yang tidak bisa dihentikan apabila polisi hadir,” tandasnya.
Hal yang sama disampaikan Kasat Binmas, AKP Yamin. Diharapkannya, para personel Polsek Wera menjalankan tugas dengan ikhlas. “Jadikan tugas sebagai hobi sehingga kita jalaninya tulus dan ikhlas,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Res Narkoba IPTU Masdidin menyampaikan apresiasinya kepada Kapolsek Wera dan Kanit Reskrim atas pengungkapan kasus narkotika beberapa waktu lalu. Dia mengingatkan, apabila ada pihak perempuan yang digeledah dalam kasus narkotika, jangan lupa libatkan Polwan.

Pada kesempatan tersebut, Kasat Pol Air memperkenalkan diri. Kata dia, Pol Air baru dibentuk dan Kasat sudah dikukuhkan. Sementara Kasi Propam memeriksa kelengkapan kendaraan dinas dan memeriksa senjata api para personel. Saat itu, ada dua personel yang memiliki kartu Senpin sudah melewati masa berlakunya. Dua pucuk pistol itupun ditarik dan diserahkan ke Kasubag Sarpras.

Kapolsek Ambalawi dan istri menyambut kedatangan
Kapolres dan rombongan. [akt/ist]
Kegiatan Kunker tersebut dilanjutkan dengan foto bersama Kapolres beserta jajaran Polres Bima Kota dan Polsek Wera. Setelah foto bersama, rombongan meninggalkan Mako Polsek Wera untuk melanjutkan kunjungan ke Polsek Ambalawi.

Kapolres dan rombongan disambut Kepolsek Ambalawi IPDA Ruslan dan jajarannya sekitar pukul 13.30 Wita. Di Polsek setempat, kegiatan diawali dengan pemeriksaan Senpi dan kendaraan dinas milik Polsek. Pemeriksaan ini dipimpin langsung Kapolres.

Usai pemeriksaan Senpi dan kendaraan dinas, Kapolres dan Wakapolsek serta beberapa pejabat Polres lainnya memberikan arahan kepada Kapolsek dan jajarannya. Materi arahannya sama dengan di Polsek Wera. Kegiatan berakhir pukul 14.50 Wita.

Baca juga: Kunker ke Polsek Wawo, Kapolres Tekankan Giat Gatur Pagi dan Disiplin Anggota

[akt.01]

Related

Ragam 6507595194217496215

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item