Danrem 162/WB Pimpin Penanaman 2 Juta Pohon di Kota Bima

Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani pose bersama Dandim dan Forkopimda Kota dan Kabupaten Bima dalam kegiatan penanaman perdan...

Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani pose bersama Dandim dan Forkopimda Kota dan Kabupaten Bima dalam kegiatan penanaman perdana RHL di Kelurahan Lelamase. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA -Komandan Korem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han, Sabtu, 26 Januari 2019, memimpin penanaman perdana pohon dalam kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di Kelurahan Lelamase, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan itu dihadiri Wali Kota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, Dandim 1608/Bima Letkol Infanteri Bambang Kurnia Eka Putra, unsur Forkopimda Kota dan Kabupaten Bima, Para Prajurit TNI Kodim 1608/ Bima, dan ratusan masyarakat Kelurahan Lelamase.

Dandim 1608/Bima Letkol Infanteri Bambang Kurnia Eka Putra, dalam laporannya mengatakan RHL dilaksanakan pada lahan seluas 4.157 hektare. Tersebar di wilayah Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, Kecamatan Asakota Kota Bima, Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, dan Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima.

Danrem 162/WB menyampaikan sambutan sebelum penanaman. [akt/ist]
Penanaman sebanyak 2 juta pohon jenis mahoni, durian, dan mangga. “Diharapkan kegiatan yang sangat luar biasa ini, semoga dapat dilaksanakan dengan lancar, aman, dan tidak ada aral yang melintang,” katanya.

Dandim juga berharap masyarakat mau berpartisipasi membantu program tersebut. Dengan adanya komitmen dan semangat Danrem 162/WB merehabilitasi hutan, Ia mengajak masyarakat mendukung dan mengikuti langkah-langkah positif Danrem. “Setidaknya kita memperbaiki lingkungan kita dengan menanam pohon. Karena bila tidak lagi tersisa mata air, maka nantinya yang tersisa adalah air mata," katanya.

Wali Kota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, menyampaikan satu harapan dari Pemerintah Kota Bima dalam rangka penanaman kembali hutan yang gundul. Katanya, penanaman pohon merupakan cita-cita bersama yang tidak sekadar menumbuhkembangkan semangat menanam tanaman produktif. “Tetapi juga harus merawat dengan baik, sebagai langkah pencegahan terhadap bencana atau mitigasi,” ujarnya.

Program tersebut, menurut Lutfi, didukung oleh pemerintah pusat yang dianggarkan melalui BPBD bekerjasama dengan TNI. Ia mengingatkan masyarakat agar tidak bereuforia dengan tanaman jagung, tetapi harus diselingi dengan tanaman yang keras dan tumpang sari.

Danrem 162/ WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han, mengapresiasi Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima yang mensupport kegiatan penanaman tersebut. Ia mengajak masyarakat untuk menjaga dan peduli terhadap lingkungan dan alam ini. “Kita jaga alam, alam jaga kita,” katanya.

Slogan itu menunjukkan begitu pentingnya menjaga alam. Danrem mengenang disaat masa kecilnya dulu. Menurutnya tidak ada bencana seperti saat ini. “Semua ini karena para leluhur kita dulu dapat menjaga bahkan mampu berbicara dengan alam, sehingga alam pun menjaga dirinya,” tutr Danrem.

[akt.01]

Related

Ragam 1552649729342701988

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item