Polres Bima Kota Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018

Upacara gelar pasukan pengamanan Pilkada serentak tahun 2018. [akt/ist] AKTUALITA.INFO , Kota Bima – Kepolisian Resor (Polres) Bima K...

Upacara gelar pasukan pengamanan Pilkada serentak tahun 2018. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Kepolisian Resor (Polres) Bima Kota melaksanakan upacara gelar pasukan dalam rangka mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.

Upacara gelar pasukan untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, dilaksanakan di Lapangan Serasuba Kota Bima, Jumat pagi, 5 Januari 2018. Wali Kota Bima HM. Qurais H. Abidin dan Kepala Satuan Lalulintas Polres Bima Kota, Iptu Donny Wirasetiawan, masing-masing bertindak sebagai inspektur dan komandan upacara.

Wali Kota Bima membacakan amanat Kepala Kepolisian Daerah NTB, Drs. Firly, M.Si. Upacara gelar pasukan merupakan representasi dari kesiapan atas tanggungjawab dan kepercayaan negara dan seluruh rakyat untuk menjamin keamanan, ketertiban, dan kesuksesan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 di wilayah hukum Polda NTB.

Menurutnya, Pilkada serentak tahun 2018 sebentar lagi memasuki tahap pendaftaran pasangan calon, merupakan salah satu agenda penting dari perjalanan demokrasi di Indonesia. “Sebagai proses dari sistem politik demokrasi yang harus disikapi dengan penuh kedewasaan dan kematangan berpikir dan bertindak,” kata Kapolda dalam amanatnya yang dibacakan Wai Kota Bima.

Selain itu, lanjutnya, potensi kerawanan yang timbul sebagai sebuah fenomena dalam masyarakat, merupakan faktor korelatif kriminogen yang harus dikelola dengan baik. Agar tidak berkembang menjadi kerawanan Kamtibmas yang mengganggu pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018.

Ia mengingatkan segenap anggota Polri yang bertugas di lapangan agar dapat bekerjasama dan berkoordinasi secara sinergis dengan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran jalannya penyelenggaraan pengamanan setiap tahapan Pilkada. "Dukungan yang diharapkan adalah dapat mendorong dan mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi menyukseskan Pilkada serentak 2018 dengan damai dan demokratis," ujarnya.

Kapolda mengingatkan seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan Pilkada serentak agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menyiapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin yang tinggi.

Selain itu, memetakan setiap kerawanan pada setiap tahapan Pilkada serentak. Mengimplementasikan ‘asta siap’ meliputi siap piranti lunak, siap pos komando, siap latihan pra operasi, siap kondisi kamtibmas, siap kekuatan personil, siap sarana dan prasarana, serta siap anggaran.

Kemudian diingatkan memegang teguh komitmen netralitas, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan TNI, penyelenggara Pilkada, Pemda, dan unsur lain yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018.

Untuk diketahui, Pilkada serentak tahun 2018 meliputi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Barat, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur, dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima.

Peserta upacara gelar pasukan terdiri atas unsur Polres Bima Kota, Brimob Subden A Pelopor Bima, TNI, Pol PP dan Dinas Perhubungan Kota Bima.

[aktualita.02]

Related

Ragam 7172412521849196426

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item