Panen Raya Padi di Madapangga, Bupati Apresiasi Upaya Kelompok Tani

Bupati Bima, Hj. Indah Dhmayanti Putri, melakukan panen raya padi ciherang di Desa Monggo, Madapangga. [hum] AKTUALITA.INFO , Bima – ...

Bupati Bima, Hj. Indah Dhmayanti Putri, melakukan panen raya padi ciherang di Desa Monggo, Madapangga. [hum]

AKTUALITA.INFO, Bima – Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, melakukan panen raya Padi Ciherang di So Tolonggeru Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggra Barat, Sabtu, 4 Maret 2017.

Pada panen perdana di areal persawahan tadah hujan setempat, Umi Dinda, sapaan akrab Bupati Bima, mengapresiasi jerih payah ketua dan anggota kelompok tani (Poktan) So Tolonggeru. Menurutnya, panen raya padi tersebut merupakan wujud dukungan masyarakat yang terus memantapkan kabupaten Bima sebagai lumbung pangan terbesar, khususnya di wilayah NTB.

Dikatakannya, dengan panen raya padi masyarakat tidak mengalami kekurangan stok beras. Dapat mencukupi kebutuhan dan dapat dijual untuk menambah pendapatan keluarga. “Terutama bagi ketua dan anggota kelompok tani,” katanya.

Dinda meminta seluruh kepala desa di Kecamatan Madapangga dapat mendukung kegiatan pertanian melalui Alokasi Dana Desa (ADD). “Selain dikelola untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana, ADD juga bisa digunakan untuk kegiatan pertanian, sehingga kebutuhan masyarakat atau kelompok tani dapat terpenuhi,” jelasnya.

Ia juga meminta Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura beserta jajaranya agar dapat memperhatikan kelompok-kelompok tani dalam rangka meningkatkan hasil usahanya di bidang pertanian. “Terutama dalam rangka meningkatkan produksi hasil tanaman padi,“ harap Dinda.

Di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, juga dikenal dengan sentra produksi susu kuda liar. Umi Dinda berharap, produk susu kuda liar dapat terus dikembangkan sehingga bisa dijual untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Kepala Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Mayor Abdul Gani, melaporkan, luas lahan yang ditanami padi ciherang seluas 1.450 hektare. Melibatkan 10 kelompok tani. “Pada panen perdana ini baru dilakukan seluas 276 hektare di lahan tadah hujan. Dengan adanya panen ini masyarakat bisa menikmati hasilnya,” katanya.

Panen raya padi ciherang dirangkai dengan penyerahan bantuan mesin pompa air (water pump) merek Honda WL30 XN kepada Kelompok Tani So Tolobou Desa Monggo dan Kelompok Tani Mangge Kompo. Diserahkan oleh bupati kepada masing-masing diterima oleh ketua kelompok tani, Israil dan Abdurrahman.

Kegiatan panen raya turut dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Bima, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bima, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holltikultura Kabupaten Bima beserta jajarannya, Camat Madapangga, Kades Monggo, ketua dan anggota Kelompok Tani So Tolonggeru.

[AL]

Related

Pemerintahan 4639606095900560732

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item