DPRD Dompu akan Gulirkan Hak Interpelasi

Ilustrasi AKTUALITA.INFO , Dompu - Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Ikhwayuddin AK, mengatakan dirinya beserta 29 a...

Ilustrasi

AKTUALITA.INFO, Dompu - Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Ikhwayuddin AK, mengatakan dirinya beserta 29 anggota lainnya akan mengajukan hak interpelasi kepada Pemerintah Kabupaten Dompu, dalam hal ini Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin. Hak interpelasi perihal kebijakan dalam proses mutasi dan rotasi pejabat belum lama ini.

"Hak interpelasi adalah hak DPRD untuk meminta keterangan kepada pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara," terang dia, Sabtu, 4 Maret 2017.

Ikhwayuddin menilai, beberapa kebijakan mutasi, rotasi atau promosi yang dilakukan oleh Bupati sudah melanggar hukum. Seperti kasus pada Dinas Dukcapil yang mendapat hukuman keras sampai diputuskannya server data base Kependudukan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Selain itu, kata dia, adanya surat dari Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menegaskan kepada Bupati untuk mengembalikan para pejabat yang dinilai melanggar hukum, termasuk enam pejabat tinggi pratama atau pejabat eselon II.

Ikhwayuddin mengingatkan bahwa pengelolaan pemerintah harus merujuk pada regulasi yang telah ditetapkan. "Ini negara hukum, pemerintah harus tunduk kepada hukum. Bukan Kerajaan yang dikelola semau gue," tandasnya.

Soal rencana interpelasi anggotanya, ketua DPRD Kabupaten Dompu, Yuliadin Bucek mengatakan bahwa hak tersebut dimiliki dan melekat pada semua anggota. "Sah-sah saja selama itu dipandang perlu menyangkut hajat hidup orang banyak dan prosesnya harus melalui mekanisme," jelas Bucek.

[yani]

Related

Politik 2113411670697871327

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item