Merajut Persaudaraan Lintas Agama untuk Kota Bima yang Rukun

Dialog Merajut Persaudaraan Lintas Agama FKUB Kota Bima. [mrs] AKTUALITA.INFO , Kota Bima – Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB...

Dialog Merajut Persaudaraan Lintas Agama FKUB Kota Bima. [mrs]

AKTUALITA.INFO, Kota Bima – Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, menggelar dialog lintas agama, Sabtu, 25 Februari 2017.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Sekretariat FKUB ini, hadir Kasubag Hukum dan KUB Kemenag NTB, Kepala Kemenag Kota Bima dan sejumlah elemen lainnya. Sementara peserta melibatkan perwakilan organisasi masyarakat (Ormas).

Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar mengatakan, dialog ini mengambil tema “Merajut Persaudaraan” dalam rangka mewujudkan Kota Bima yang aman dan rukun.

Dialog ini bertujuan dalam rangka menjaga kerukunan antar umat. “Kegiatan ini untuk memperlancar komunikasi antar Ormas, tokoh agama, budaya dan etnis. Menumbuhkan wawasan, sikap saling menghargai dan mempercayai di antara pemimpin maupun pemuka agama,” kata Eka dalam sambutannya.

Menurut Eka, sebagai forum yang menjadi wadah tempat berkumpulnya para tokoh agama dan elemen masyarakat, FKUB mempunyai kewajiban untuk memelihara dan menjaga kerukunan. “Untuk memelihara kerukunan, kita menginventarisir kearifan-kearifan lokal yang dapat mendukung dan mendorong kerukunan umat beragama,” tuturnya.

Melalui dialog tersebut, diharapkan terjalin hubungan yang lebih harmonis antara pemimpin agama dari agama yang berbeda. “Yang paling utama adalah meningkatkan keterbukaan, saling pengertian, saling mempercayai, serta saling menghargai di antara pemimpin agama,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Bima, H Syahril mengatakan, pemerintah daerah maupun Provinsi NTB telah menyiapkan program khusus untuk mencegah potensi Konflik SARA di wilayah itu. “Sejauh ini Bima memang belum ada potensi yang mengarah pada konflik antar umat beragama. Tapi upaya pencegahan penting dilakukan untuk mengatasi munculnya konflik SARA,” kata Syahril.

Menurutnya, hal-hal yang dilakukan untuk mencegah konflik antar umat beragama diantaranya, memberikan pemahaman yang benar tentang kehidupan beragama dan menumbuhkan pemahaman pentingnya menjaga keberagaman keagamaan dalam bingkai NKRI.

[syf/mrs]

Related

Sosbud 4980921082874228964

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item