Idul Adha; FKUB Amankan Shalat Id, Qurban 1 Ekor Kambing

AKTUALITA.INFO , Kota Bima - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima, untuk Idul Adha 1437 H/2016 M, melaksanakan penyembelihan hew...

AKTUALITA.INFO, Kota Bima - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima, untuk Idul Adha 1437 H/2016 M, melaksanakan penyembelihan hewan qurban berupa 1 ekor kambing. Tempat pelaksanaan penyembilahan hewan qurban tersebut, di halaman kantor FKUB Kota Bima, Selasa (13/9).

Pemuda lintas agama membantu mengatur lalulintas usai shalat Id di kantor Pemkot Bima
Menurut Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar S.Ag Msi, daging hewan qurban akan dibagikan kepada pegawai honor Kantor Kementerian Agama Kota Bima. Selain itu, dimanfaatkan untuk makan bersama dengan tim pengamanan Shalat Idul Adha dari pemuda lintas agama.

Dalam pelaksanaan shalat idul adha, tim pemuda lintas agama yang turut membantu pelaksanaan pengamanan TNI/Polri sebanyak 60 orang. Mereka disebar pada tiga titik utama tempat pelaksanaan shalat Idul Aha. Yaitu di lapangan Sera Suba, halaman Kantor Pemerintah Kota Bima, dan di Kampus IAI Muhammadiyah Bima. “Ini adalah wujud kebersamaan dari terbinanya pola kerukunan umat beragama di Kota Bima,” Eka berujar.

Ia mengatakan momentum hari besar keagamaan seperti Idul Adha, adalah saat yang tepat untuk membuktikan bahwa sesama umat beragama saling memahami akan kebutuhan kebersamaan.

Pada saat shalat Idul Fitri dan Idul Adha, kata dia, yang melakukan pengamanan adalah dari pemuda lintas agama (Kristen, Katolik dan Hindu Dharma). Sebaliknya, jika yang melaksanakan hari raya Natalan, misalnya katolik atau kristen protestan, maka yang melaksanakan pengamanan itu dari pemuda Islam dan Hindu Dharma.

Atau jika umat Hindu Dharma yang melaksanakan hari raya keagamaannya, maka pemuda muslim dan pemuda kristen (Katolik dan Protestan) yang melaksanakan pengamanannya. “Momen seperti inilah saat yang paling tepat untuk kita tunjukkan kebersamaan demi kelangsungan harmonisasi umat beragama melalui pilar pemudanya,” tutur Eka. “Kita akan buktikan bahwa FKUB Kota Bima siap menyatukan semua umat beragama yang ada Kota Bima,” kata Eka.

[moen]

Related

Sosbud 8908922468171799212

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item