104 JCH Dilepas, Bupati Dompu Serahkan Bantuan Rp5 Juta Per Orang

Bupati Dompu dan istri menyerahkan cinderamata kepada JCH pada acara pelepasan di Masjid Raya, Jumat siang (19/8).   foto: Humas Dompu ...

Bupati Dompu dan istri menyerahkan cinderamata kepada JCH pada acara pelepasan di Masjid Raya, Jumat siang (19/8).  foto: Humas Dompu
AKTUALITA.INFO, Dompu - Jama’ah calon haji (JCH) Kabupaten Dompu, dilepas secara resmi oleh Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin. Pelepasan dilaksanakan usai shalat dzuhur di Masjid Raya Baiturrahman, Jumat (19/8).

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Dompu melalui Kepala Seksi Haji, Drs H Hisam HM Natsir melaporkan, seluruh JCH telah dibina, dilatih, dan dibimbing tentang Manasik Haji.

JCH Kabupaten Dompu tahun ini sebanyak 105 orang, dengan rincian laki-laki 45 orang dan perempuan 58 orang. “Satu orang meninggal dunia atas nama Salman Nawi dari Kecamtan Pekat. Jadi jumlahnya sekarang menjadi 104 orang,” katanya.

Hisam berujar, JCH Kabupaten Dompu akan bergabung dengan JCH Kota Bima sebanyak 158 orang dan Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 87 orang. Tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) sembilan. “JCH berangkat dari Dompu menuju Mataram Jumat sore, tanggal 2 September 2016. Insya Allah akan tiba kembali di Dompu pada tanggal 10 Oktober 2016,” terangnya.

Ia menambahkan, selama tiga tahun berturut-turut Bupati Dompu telah memberikan bantuan kepada JCH berupa baju batik dan uang transport senilai Rp600.000 per orang.

Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin, dalam sambutannya menyarankan JCH untuk tidak membawa terlalu banyak perlengkapan yang dianggap tidak penting. Lebih baik, katanya, membawa uang yang banyak, karena sudah pasti banyak oleh-oleh yang dibawa pulang nantinya. “Niat kita untuk beribadah, jangan menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak penting,” ujarnya.

Bupati mengatakan pemerintah akan membagikan uang sebesar 1500 real atau sekitar Rp5 juta rupiah kepada JCH. Diharapkannya, uang itu untuk keperluan selama berhaji nanti. katanya. “Mudah-mudahan mendapat predikat Haji yang Mabrur,” katanya.

Usai sambutan, Hj Ery Aryani Bambang M Yasin membagikan cinderamata kepada JCH. Bupati juga mengundang para JCH untuk makan siang bersama di rumah makan Rinjani. 

[rul/hum]

Related

Sosbud 1081931168409475818

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item