Pawai Budaya akan Meriahkan Hari Jadi ke-376 Bima.

AKTUALITA.INFO , Bima – Pawai budaya akan meriahkan hari jadi yang ke 376 Bima tahun 2016. Kegiatan tahunan itu akan diikuti oleh seluruh...

AKTUALITA.INFO, Bima – Pawai budaya akan meriahkan hari jadi yang ke 376 Bima tahun 2016. Kegiatan tahunan itu akan diikuti oleh seluruh SKPD, UPTD, pelajar hingga etnis paguyuban yang menetap dan tinggal di berbagai wilayah Kabupaten Bima.

Suryadin SS MSi
Kegiatan itu direncanakan digelar pada 20 Juli mendatang. Pawai budaya ini dimulai dari terminal Tente Kecamatan Woha melintasi jalan raya desa Rabakodo dan finish diperempatan cabang Talabiu. “jadi kegiatan pawai budaya ini sebagai awal peringatan hari jadi ke 376 Bima. Kegiatan ini tiap tahun dilakukan,” kata Kasubag Pemberitaan Informasi Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Suryadin SS MSi, Jum’at (15/7).

Dalam pawai tersebut, para peserta akan menampilkan berbagai atraksi budaya dan kesenian khas Bima, seperti gantao, pencak silat dan tarian tabur beras kuning (wura bongi monca). Selain itu juga akan diiringi drum band. “Setiap peserta tanpa terkecuali akan diwajibkan menampilkan atraksi budaya dan kesenian Bima,” katanya.

Suriadin menjelaskan, seragam atau pakaian yang akan dikenakan pada saat pawai itu. Yakni, perempuan mengenakan rimpu mbojo. Sementara pria memakai baju berwarna putih, celana keki hitam dengan mengenakan sarung khas Bima (nggoli) dipinggang (katente tembe). “Seragam pawai budaya nanti adalah pakaian khas Bima yakni, rimpu mbojo dan katente tembe,” jelasnya.

Dia menambahkan, usai kegiatan pawai budaya. Selanjutnya Kamis, (21/7) akan digelar upacara peringatan hari jadi ke 376 Bima, yang dipusatkan lapangan kantor Bupati baru, di Godo Kecamatan Woha. “Semua unit instansi, SKPD, BUMD, hingga mantan kepala daera, tokoh (sesepuh Bima) akan akan menghadiri upacara ini. Selain itu, Pemkab juga mengundang kepala Daerah Se Pulau Sumbawa juga Pemrov NTB. sambungnya.

Usai upacara, tepatnya selesai shalat isya. Akan dilanjutkan malam syukuran, di paruga nae Desa Talabiu Kecamatan Woha. Malam syukuran itu adalah puncak acara peringatan hari jadi Bima dengan mengundang tokoh agama tokoh masyarakat diseluruh wilayah Kabupaten Bima. “Dalam malam syukuran ini diramaikan duet hafalan Alqur’an. Kemungkinan saat malam itu juga pengumuman peserta terbaik pawai budaya,” pungkas Suryadin.

[qie/adv]

Related

Pemerintahan 1966819367684385236

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item