PISEW NTB Tetapkan Lima Kabupaten, Termasuk Bima dan Dompu

Sosialisasi PISEW NTB di Hotel Camelia Kota Bima, Rabu (1/6). foto: moen AKTUALITA.INFO , BIMA - Program Pembangunan Infrastruktur Sosi...

Sosialisasi PISEW NTB di Hotel Camelia Kota Bima, Rabu (1/6). foto: moen
AKTUALITA.INFO, BIMA - Program Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk Tahun 2016, menetapkan lima Kabupaten dari sepuluh Kabupaten/kota. Menurut Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Pemukiman (Satker PKP) Provinsi NTB, Chaerullah ST, program PISEW ini merupakan pertama kali dilakukan sebagai pola pembinaan dan pemberdayaan yang melibatkan masyarakat dan penyedia jasa atau kontraktor. "Kontraktor ini menyediakan alat-alatnya dan masyarakat setempat dibutuhkan tenaganya," katanya pada Aktualita.info, Rabu (1/6) di Hotel Camelia Kota Bima.

Chaerullah mengatakan, PISEW Tahun 2016 telah menetapkan lima Kabupaten dari sepuluh Kabupaten dan Kota di NTB. Yakni Pulau Lombok diwakili oleh Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Tengah. Sedangkan Pulau Sumbawa diwakili Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Dari lima Kabupaten itu, jelasnya, dibagi menjadi 14 kecamatan. Diantaranya tiga kecamatan untuk Kabupaten Lombok Barat, tiga Kecamatan untuk Kabupaten Lombok Tengah, dan dua Kecamatan untuk Kabupaten Lombok Timur. Kemudian tiga Kecamatan untuk Kabupaten Bima dan tiga Kecamatan untuk Kabupaten Dompu. "Untuk Kabupten Bima ada tiga Kecamatan yang mendapatkan PISEW, yaitu Kecamatan Bolo, Kecamatan Sape, dan Kecamatan Lambu," bebernya.

Chaerullah melanjutkan, sosialisasi PISEW ini merupakan kegiatan skala kawasan atau skala kecamatan yang melibatkan desa sebagai sasarannya dan kecamatan sebagai perangkat. Sasarannya nanti, adalah desa berkembang, desa pertumbuhan, dan desa penyanggah. Mulai dari persiapan, camat akan menentukan desa sebagai pusat pertumbuhan, desa penyanggah, dan desa berkembang. "Desa maupun Camat atau Sekcam bisa dilibatkan untuk mengawal dalam pengawasan pembangunan," ujarnya.

Chaerullah menjelaskan, sasaran PISEW ini diantaranya adalah pembangunan infrastruktur transportasi, infrastruktur kawasan sentral produksi, dan sanitasi. Seperti pembangunan jalan usaha tani, pembangunan pasar tradisional, dan pembangunan tanggul air. "Kalau ini sudah dibangun maka akan mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya," katanya.

Ia menambahkan, jumlah anggaran untuk kegiatan PISEW Tahun 2016 sebesar Rp1,5 miliar per kecamatan. Kemudian dari anggaran sebanyak itu akan dibagi dua. Yaitu Rp1,2 miliar untuk kegiatan fisik dan Rp300 juta digunakan untuk sosialisasi, perekrutan fasilitator, dan disesuaikan dengan mekanisme PISEW.

Chaerullah berharap masyarakat menerima dan mendukung kebijakan PISEW Tahun 2016. Mudah-mudahan berjalan lancar tidak ada kendala, dan pemerintah daerah harus benar-benar berkoordinasi dengan semua pihak. “Supaya hasilnya bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat,” katanya.
[Moen]

Related

Pemerintahan 7202808685010003368

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item