Dukung Kegiatan Keagamaan, Pemkab Siapkan Anggaran Rp5,26 Miliar

AKTUALITA.INFO , BIMA – Tahun 2016, Pemkab Bima menyediakan anggaran sekitar Rp5,260 miliar untuk kegiatan keagamaan. Anggaran tersebut m...

AKTUALITA.INFO, BIMA – Tahun 2016, Pemkab Bima menyediakan anggaran sekitar Rp5,260 miliar untuk kegiatan keagamaan. Anggaran tersebut masuk dalam Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) Bagian Kesra Setda, yang disalurkan saat dan pasca-Ramadan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima melalui Kasubag Informasi dan Pemberitaan, Suryadin SS MSi menjelaskan, bantuan anggaran yang dikucurkan saat Ramadan yakni dana pembinaan kehidupan beragama melalui STQ tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi senilai Rp1,558 miliar. Kemudian pengadaan Al-Quran, Iqra, dan buku-buku agama lainnya senilai Rp125 juta.

Bupati Bima saat menyerahkan bantuan kepada imam masjid di Soromandi
Disebutkannya, bantuan untuk dana pembinaan kehidupan beragama melalui STQ tersebut, diserahkan kepada para 18 Camat masing-masing senilai Rp10 juta. Sedangkan anggaran Rp125 juta untuk pengadaan buku keagamaan, diserahkan kepada Pengurus Masjid masing-masing kecamatan se-Kabupaten Bima.

Selain itu, lanjut Suryadin, Pemkab Bima melalui Bagian Kesra telah menyediakan belasan anggaran yang siap diserahkan pasca-Ramadan. Yaitu peringatan hari besar Islam senilai Rp685,5 juta, pembinaan dan pendampingan calon jemaah haji senilai Rp724,099 juta, peningkatan kapasitas program Jumat khusyuk senilai Rp91,2 juta, dan pembinaan lima desa mandiri pelaksanaan membumikan Al-Quran senilai Rp60 juta.

Selanjutnya, fasilitas program membumikan Al-Quran (Perda usulan eksekutif membumikan Al-Quran) senilai Rp100 juta, fasilitas kegiatan forum dialog ulama/umarah senilai Rp62 juta, Imtaq gabungan SKPD Rp24 juta, dan bimbingan teknis pengeola masjid Rp63 juta. 

Kemudian dukungan kegiatan pendataan verifikasi dan penyaluran bantuan Masjid, Ponpes, dan TPQ senilai Rp20 juta, pembinaan Da’i dan pelatihan Dewan Hakim se-Kabupaten Bima Rp60 juta, dukungan sarana prasarana TPQ contoh Rp410,9 juta, dan peningkatan sarana prasarana Ponpes Rp855,320 juta. “Ada juga bantuan melalui dana Bansos pada Bagian Keuangan Setda yang dibagikan untuk pembangunan dan rehabilitasi masjid dan mushalah,” kata Suryadin.

Hanya saja jelas dia, angka bantuannya bervariatif. Untuk bantuan pembangunan dan rehabilitasi mushalah, bergantung kondisinya. Sebesar Rp5 juta hingga Rp25 juta. Sedangkan untuk masjid sebesar Rp25 juta hingga Rp100 juta. “Itu bergantung dari kondisi masjid,” ujarnya.

Menurut Suryadin, bantuan untuk masjid dan mushalah ada yang akan diserahkan pasca-Ramdhan. “Di bulan Ramadan tahun ini, Bupati membagikan paket lebaran kepada para imam, marbot, bilal dan lebe,” terangnya.

Selain itu, di bulan Ramdan tahun ini Bupati Bima juga menyerahkan bantuan untuk korban bencana kebakaran di Desa Tolowata, Kecamatan Ambalawi senilai Rp8,1 juta. Ada juga bantuan dari Bazda senilai Rp4,3 juta. “Bingkisan dari Dinas Kesehatan untuk korban kebakaran tersebut juga ada dan telah diserahkan. Demikian juga dengan anggaran yang bersumber dari partisipasi masyarakat Ambalawi utuk korban kebakaran itu,” jelas Suryadin.

[dien/adv]

Related

Headline 5278940927901516768

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item