Jokowi Bakal Panen Raya Bawang Merah di Bima

Presiden Jokowi ketika meresmikan Pasar Raya Ama Hami Kota Bima, Jumat (29/4) lalu.   AKTUALITA.INFO , BIMA - Presiden RI, Ir Joko Wido...

Presiden Jokowi ketika meresmikan Pasar Raya Ama Hami Kota Bima, Jumat (29/4) lalu.  
AKTUALITA.INFO, BIMA - Presiden RI, Ir Joko Widodo, dikabarkan bertandang kembali ke Bima untuk melakukan panen raya bawang merah akhir bulan ini. Lokasi panen raya yakni di salahsatu wilayah sentra produksi bawang merah Kabupaten Bima.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bima sudah meninjau lokasi yang akan dijadikan pusat panen raya bawang merah nanti. Yaitu, di Desa Sangiang Kecamatan Sape.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bima, Ir M Tayeb, mengaku saat ini tengah melakukan beberapa pemantapan untuk menyambut kedatangan Presiden ketujuh. Salahsatunya dengan meninjau atau mengecek lokasi. “Sedianya Bapak Presiden akan tiba pada tanggal 29 atau 30 Juni ini, untuk melakukan panen raya bawang merah. Makanya saat ini kami tengah memantapkan persiapan salahsatunya melakukan surva lokasi,” jelas Tayeb, Senin (20/6).

Menurut dia, awalnya lokasi panen raya diusulkan di wilayah Kecamatan Soromandi. Namun, karena melihat medan dan kondisi jalan yang belum memadai, sehingga diarahkan di wilayah Desa Sangia Kecamatan Sape.
“Sedianya area atau kawasan dipusatkan sama seprti yang dikunjungi Menteri Pertanian, Amran Sulaiman tahun lalu, di Desa Sangiang Kecamatan Sape,” katanya.

Tayeb menegaskan, guna memantapkan penyambutan kedatangan Presiden, lokasinya juga telah ditinjau oleh Wakil Gubernur (Wabub) NTB, HM Amin SH. Didampingi Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi NTB dan jajaran dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Bima, pada Minggu siang (19/6). “Sudah ditinjau. Wagub sendiri yang turun di lokasi,” terangnya.

Pada bagian lain, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma mengaku, kepastian kedatangan mantan Gubernur DKI itu belum diketahui secara detail oleh pihaknya. Sebab, hingga saat ini surat pemberitahuan mengenai kedatangannya belum diterima secara resmi.

“Informasinya memang demikian, Presiden akan melakukan panen raya bawang merah di Kabupaten Bima. Namun, hingga saat ini kami belum menerima surat resmi dari Sekretaris Negara,” ujarnya.

Chandra mengatakan, rencana kedatangan mantan Wali Kota Solo itu, santer terdengar sejak beberapa bulan yang lalu. Walaupun saat ini hanya menerima informasi, namun pihaknya sudah mempersiapkan segala hal-hal untuk menyambut kedatangan RI 1 tersebut. “Yang jelas sudah siap apapun itu. Tapi untuk teknisnya adalah kewenangan SKPD terkait,” jelasnya.

Dia berharap, SKPD terkait seperti Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura agar mempersiapkan secara matang area atau kawasan, demi kelancaran kegiatan panen raya bawang merah oleh Presiden. Karena hal itu akan berdampak positif bagi Pemerintah Daerah, lebih-lebih bagi petani bawang. “Untuk Kepastiannya kami masih menunggu surat resmi. Karena untuk sementara baru informasi saja,” pungkas Chandra.

[AL]

Related

Headline 6237650783883504494

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item