Festival Pesona Tambora, Joko Widodo Dipastikan Hadir

Gubernur NTB menghadiri Launching Festival Pesona Tambora di Jakarta Januari 2016 lalu. AKTUALITA.INFO, DOMPU - Festival Pesona Tambora...

Gubernur NTB menghadiri Launching Festival Pesona Tambora di Jakarta Januari 2016 lalu.
AKTUALITA.INFO, DOMPU - Festival Pesona Tambora tinggal beberapa hari lagi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu selaku yang berhajat, optimis jika event nasional itu berlangsung sukses. Sejumlah kegiatan spektakuler sudah dipersiapkan menyemaraki event yang sudah menjadi agenda tahunan tersebut.

Presiden Jokowidodo pun dipastikan hadir. Sama seperti pada event Tambora Menyapa Dunia tahun 2015 lalu, Presiden yang akrab disapa Jokowi akan menghadiri upacara seremonial Festival Pesona Tambora.

Mengenai mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu akan hadir, dipastikan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Abdul Sahit SH. “Hanya saja kami belum tahu, apakah Presiden akan terlebih dahulu meresmikan pabrik gula milik PT SMS atau berada lebih dulu dalam moment puncak event tersebut,” katanya, Selasa (5/4).

Sahid membeberkan sejumlah kegiatan yang akan mewarnai Festival Pesona Tambora. Kamis (7/4), digelar dzikir dan doa bersama di Masjid Raya Baiturahman Dompu.

Jumat (8/4), ziarah makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Desa Lepadai, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. Senin pagi (11/4), dilangsungkan upacara HUT Dompu yang ke-201 di lapangan Beringin Dompu. “Kemudian siangnya diadakan pawai budaya dari lapangan Beringin Jaya Pemkab Dompu hingga finis lapangan Karijawa,” beber Sahit saat ditemui di Kantor Pemkab Dompu, Selasa (5/4).

Kemudian pada Jumat (15/4) hingga Sabtu (16/4), lanjut dia, merupakan acara puncak Festival Pesona Tambora yang akan berlangsung di Savana Doroncanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Puncak kegiatan dirangkai dengan peresmian pabrik gula PT SMS yang berlokasi di Desa Doropeti. “Sabtu dan Minggu (16-17 April) nanti akan digelar two days trail adventure yang akan berlangsung di Doroncanga, wilayah kawasan lereng gunung Tambora,” terang Sahid.

Menjelang kegiatan puncak Festival Pesona Tambora, Pemkab Dompu akan menggelar pesta makanan khas daerah Dompu. Yakni membakar jagung dan beras ketan yang dimasukan dalam bambu, yang masyarakat Dompu menyebutnya puru timbu. “Kami akan mengadakan kegiatan yang belum pernah kami lakukan. Kegiatan itu adalah puru timbu dan puru jago (bakar jagung) di lokasi Doroncanga,” ujar Sahid.

Sebelumnya, Pemkab Dompu telah mengadakan berbagai kegiatan mengawali Festival Pesona Tambora. Beberapa hari lalu, sudah digelar kegiatan kirab pataka lambang daerah Kabupaten Dompu. Kemudian pacuan kuda di Desa Lapadi Kecamatan Pajo memperbutkan piala Bupati dan Wakil Bupati Dompu.

Sahid berujar, Pemkab Dompu berharap seluruh masyarakat Dompu bersama-sama menyukseskan Festival Pesona Tambora. Tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat Dompu, event akbar memeringati meletusnya gunung Tambora tidak bisa sukses. 

[rul]

Related

Ragam 4718522776341758120

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

item