DBD dan Chikungunya Menyebar di Kota Bima, Puluhan Warga Terjangkit

Ilustrasi AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Puluhan warga di Kota Bima, mulai diserang penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan chikungunya. ...

Ilustrasi
AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Puluhan warga di Kota Bima, mulai diserang penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan chikungunya. Berdasarkan laporan yang diterima Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, warga yang terjangkit penyakit karena gigitan nyamuk aedes aegipty itu terdapat di beberapa kampung di dua kelurahan, yakni Melayu dan Monggonao. “"Penyakit itu sudah mulai menyebar di Kota Bima,” ujar Kepala Bidang P2PL Dikes Kota Bima, Nuryah, Selasa (15/3).

Nuryah mengatakan, untuk wilayah Monggonao dan Melayu terdapat 38 kasus DBD. Dari jumlah itu, 20 kasus dinyatakan positif DBD dan 18 kasus di antaranya masih mengalami gejala.

Sementara korban chikungunya, ada tiga orang warga asal Kelurahan Monggonao. Untuk beberapa warga lainnya masih mengalami gejala yang sama seperti diserang DBD dan chikungunya. “Warga menjadi korban DBD dan chikungunya, saat ini sedang dirawat di RSUD dan Puskesmas,” katanya.

Mengantisipasi mewabahnya DBD dan Chikungunya, Dikes Kota Bima langsung berupaya mencegahnya dengan melakukan pengasapan (fogging) di beberapa wilayah yang terdeteksi DBD dan chikungunya. Di antaranya Kelurahan Melayu, Monggonao, Raba Dompu Timur, dan beberapa Kelurahan lain yang terkena virus DBD dan chikungunya. "Kami kuatir penyakit itu terus menyebar,” tandas Nuryah.

Ia menjelaskan penyakit DBD dan Chikungunya biasanya menyerang warga dengan beberapa gejala, seperti demam tinggi dan pegal-pegal. Jika ada yang mengalami gejala seperti itu, Nuryah menyarankan segera melaporkan ke Dikes agar segera tindaklanjuti. “Kami mengimbau warga untuk menjaga lingkungan dan memberantas sarang nyamuk. Selain itu tingkatkan pola hidup bersih,” saran Nuryah.

[syarif]

Related

Ragam 4460996585747796400

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item