Peringati HPSN, Komunitas Ciwilima Kampanyekan Masyarakat Peduli Sampah

Pengurus Komunitas Ciwilima saat rapat pembahasan kegiatan HPSN 2016. AKTUALITA.INFO, DOMPU – Sampah merupakan salah satu permasalaha...

Pengurus Komunitas Ciwilima saat rapat pembahasan kegiatan HPSN 2016.
AKTUALITA.INFO, DOMPU – Sampah merupakan salah satu permasalahan yang krusial dan pelik. Bencana banjir yang sering terjadi dan meningkatnya penderita penyakit berbasis lingkungan seperti diare, malaria, dan demam berdarah dengue, adalah akibat dari pengelolaan sampah yang tidak baik.

Dengan perkembangan permasalahan sampah yang terjadi saat ini, khususnya di Kabupaten Dompu, sudah layak dikatakan darurat sampah. Di samping karena volumenya yang terus meningkat, kesadaran masyarakat untuk ikut berperan serta dalam pengelolaan sampah dengan cara yang benar masih belum terwujud.

Sebagai upaya untuk mewujudkan Kabupaten Dompu bebas sampah, Komunitas Ciwilima Dompu akan melakukan Kampanye Masyarakat Peduli Sampah. Aksi sosial ini untuk mengajak masyarakat bagaimana pengelolaan sampah yang baik (tidak membuang di sembarang tempat), karena berhubungan dengan kesehatan dan bencana banjir. “Kegiatan ini akan kami laksanakan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional,” kata Furkan M. Nur, SH., MH, Ketua Umum Komunitas Ciwilima di Dompu, Jumat malam (19/2).

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari. Untuk tahun ini (2016), Komunitas Ciwilima Dompu merasa terpanggil untuk turut ambil bagian menyosialisasi dan mengkampanyekan hidup bersih, bebas dari sampah melalui gerakan peduli tersebut. “Kami yakin dengan keasadaran dan kepedulian bersama, maka Dompu bebas sampah bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan,” ujar Furkan.

Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dompu ini menjelaskan Kampanye Masyarakat Peduli Sampah dilaksanakan, Minggu 21 Februari 2016, mulai pukul 06.30 Wita. Kegiatannya meliputi kampanye masyarakat peduli sampah, senam sehat bersama, jalan santai sambil memungut sampah (dari taman kota hingga masjid raya), dan menghibur diri. “Titik kumpulnya di Taman Kota, depan kantor Bupati Dompu,” kata Furkan. “Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat Dompu yang ingin berpartisipasi dan menjadi relawan pada Hari Peduli Sampah Nasional,” katanya lagi.

Untuk diketahui, HPSN merupakan agenda nasional yang diperingati setiap tahun. Peringatan HPSN 2016 secara nasional akan dipusatkan di Makassar, Sulawesi Selatan. Makassar dipilih karena dinilai pengelolaan sampahnya baik. Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa menteri kabinetnya, gubernur se-Indonesia dan wali kota/bupati se-Sulsel dijadwalkan akan hadir.

[yudha]

Related

Sosbud 1298676037662962376

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item