Pemkot dan BPKP Tandatangani MoU Peningkatan Kualitas Manajemen Pemerintahan

Wali Kota Bima (kemeja putih) dan Kepala BPKP (tengah) saat penandatanganan MoU. Foto: Yudha AKTUALITA.INFO, Mataram – Pemerintah Kota ...

Pemkot dan BPKP Tandatangani MoU
Wali Kota Bima (kemeja putih) dan Kepala BPKP (tengah) saat penandatanganan MoU. Foto: Yudha
AKTUALITA.INFO, Mataram – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan NTB, menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) tentang peningkatan kualitas manajemen Pemkot dan pelaksanaan probyti (kejujuran) audit kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

MoU ditandatangani Wali Kota Bima, HM. Qurais H. Abidin dan Kepala BPKP Perwakilan NTB, Dr Bonardo Hutauruk, AK.MM, di Lombok Plaza Hotel Mataram, Rabu 10 Februari 2016. Dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, dan sejumlah pejabat Pemkot dan BPKP Perwakilan NTB.

Kepala BPKP Perwakilan NTB, Dr Bonardo Hutauruk, AK.MM, mengatakan MoU dibuat dan ditandatangani oleh BPKP bersama Pemkot merupakan yang pertama tahun 2016. Substansinya, mewujudkan clean governance (pemerintahan yang bersih). “Saya memberi penilaian terbaik atas respon pemerintah. MoU ini sebagai dasar pijak, bagaimana BPKP akan bekerja dalam rangka membantu Pemkot menuju clean governance,” ujarnya.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan BPKP Perwakilan NTB berdasarkan MoU, yakni peningkatan kapasitas dan penilaian. BPKP akan membantu Pemkot Bima dalam hal pengaturan keuangan, membantu Inspektorat, dan peningkatan kapasitas staf dan pejabat.

“Keinginan Pak Wali Kota mengawal daerah ini, dan niat membangun daerah yang terhindar dari hal-hal tidak baik, kami akan selalu siap membantu,” kata Bonardo. “Bukan saja laporan keuangan dan masalah korupsi, tetapi hal lainnya terkait manajemen pemerintahan menjadi tangungjawab kami untuk membantu sesuai MoU tersebut,” katanya lagi.

Wali Kota Bima, HM. Qurais H. Abidin, mengatakan Pemkot dan BPKP Perwakilan NTB sudah beberapa kali menjalin kerjasama. Pemkot membutuhkan bantuan BPKP agar manajemen pemerintahan, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan aset daerah, terlaksana dengan baik dan wajar. “Kami ingin Pemkot menjadi pemerintahan yang baik dan bersih,” katanya.

[yudha]

Related

Pemerintahan 8516117369769866147

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Ayo..! Ke TPS

ASN Netral..!

Comments

Recent

DAFTAR CALON.TETAP (DCT) DPRD KABUPATEN BIMA

item