Cetak Sawah Baru di Bima Selesai, Kinerja TNI Patut Diapresiasi

Ilustrasi AKTUALITA.INFO, BIMA – Kerja keras aparat TNI terkait program nasional yakni cetak sawah baru khususnya di Kabupaten Bima, pa...

Cetak Sawah Baru di Bima Selesai, Kinerja TNI Patut Diapresiasi
Ilustrasi
AKTUALITA.INFO, BIMA – Kerja keras aparat TNI terkait program nasional yakni cetak sawah baru khususnya di Kabupaten Bima, patut diapresiasi. Dari luas lahan 1.730 hektare yang menjadi target awal, mampu direalisasi hingga 1.833 hektare.

“Alhamdulillah pelaksanaan cetak sawah baru di Kabupaten Bima sudah selesai. Kita juga patut bersyukur karena pekerjaan telah melebihi target luas lahannya,” jelas Kepala Pelaksana Lapangan cetak sawah baru NTB, Kolonel Czi Ita Jayadi.

Program cetak sawah baru di Kabupaten Bima tahun 2015 tersebar pada 9 Kecamatan, 20 desa dan 48 kelompok tani. Penuntasannya hanya dilakukan dalam waktu empat bulan, sejak September 2015 hingga Desember 2015.

Selama program tersebut dilaksanakan, Ita mengaku menemukan banyak kendala. Diantaranya lahan yang semula direncanakan untuk digarap, namun tidak bisa dilaksanakan karena dianggap tidak layak untuk lahan pertanian. Kondisi itu ada di Kecamatan Parado. “Karena kondisi tersebut, akhirnya pelaksanaan cetak sawah baru dialihkan ke lokasi lain,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, kesulitan air menjadi kendala lain yang dihadapi dalam pelaksanaan cetak sawah baru. Kondisi tersebut dipicu oleh tidak adanya bendungan yang dibangun oleh pemerintah.
“Ada juga bendungan, namun tak ada airnya. Ini salah satunya disebabkan oleh musim kemarau yang sangat panjang,” terang Ita.

Keterlambatan kedatangan bibit juga menjadi kendala paling penting yang dihadapi oleh pihaknya. Hal tersebut praktis memicu terlambatnya penanaman pada lahan sawah baru yang sudah dicetak.
Pada lokasi yang musimnya hanya satu kali dalam setahun, pelaksanaan penanaman pada sawah yang sudah dicetak itu terpaksa dilaksanakan pada saat hujan turun. Itu terjadi pada lokasi yang sama sekali tidak ada sumber airnya.

“Selama melaksanakan percetakan sawah baru di Kabupaten Bima, kita juga dihadapkan dengan kendala kesulitan alat berat. Karena hal tersebut kurang di Bima, akhirnya kita datangkan dari Lombok-NTB. Seperti Buldoser dan Eskavator,” paparnya.

Program cetk sawah baru di Kabupaten Bima tahun 2015 telah usai. Karenanya, pihaknya berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi membantu sehingga program tersebut sukses dilaksanakan dengan aman dan lancar. “Peran media massa juga sangat penting yang mendorong kami ke arah itu. Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak,” pungkas Ita.

[AL]

Related

Headline 6833019605292227181

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item