Walikota dan Y-Consultancy Tandatangani MoU Pengelolaan Sampah

Walikota dan Y-Consultancy Tandatangani MoU Pengelolaan Sampah. AKTUALITA.INFO – KOTA BIMA, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima terus menggen...

Walikota dan Y-Consultancy Tandatangani MoU Pengelolaan Sampah.
AKTUALITA.INFO – KOTA BIMA, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima terus menggenjot pembangunan berbagai aspek. Selain giat melakukan pembangunan infrastruktur, Pemkot juga intens melakukan pembenahan dan penataan berbagai sudut kota yang kini dikenal sebagai Kota Tepian Air tersebut. Aspek penting yang paling diperhatikan adalah masalah persampahan.

Pengelolaan persampahan terus menjadi perhatian serius Pemkot Bima. Maka dari itu, Walikota Bima, HM Qurais H Abidin dan Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman (DKPP) Kota Bima, Drs HM Fakhrunraji ME, menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding , MoU) dengan pihak Y-Consultancy dari Kerajaan Belanda yang diwakili oleh Roy Timmer MSc, selaku Project Manager Y-Consultancy Integrated Total Sanitation for East Sumbawa. Penandatanganan MoU dilaksankan di kantor Pemkot Bima, Selasa (19/1).

Maksud kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kinerja DKPP Kota Bima, serta mewujudkan transformasi manajemen pengelolaan persampahan skala kota dari Y-Consultancy kepada DKPP Kota Bima. “Mou tersebutdalam rangka mengoptimalkan prinsip kemitraan yang saling memberikan manfaat,” ujar Walikota Bima melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda, Ihya Gazali S.Sos.

MoU memuat tentang Pembentukan tim kerjasama Y-Consultancy dan DKPP Kota Bima yang akan dibimbing oleh Kepala DKPP Kota Bima dan Project Manager Y-Consultancy Integrated Total Sanitation for East Sumbawa. Beranggotakan Kabid Pelayanan Kebersihan, Kasi Pelayanan, Kasi Perlengkapan, dan Ir Slamet Budi Raharjo sebagai tenaga ahli manajemen persampahan.

Beberapa program kerja tim tersebut, yakni mengupayakan secara maksimal pengalihan ilmu pengetahuan pengelolaan persampahan skala kota, dan pengalihan ilmu pengetahuan pengoperasian prasarana, sarana, dan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh DKPP agar ilmu-ilmu tersebut dapat diinstitusionalisasikan ke dalam DKPP.

Kemudian menyusun jadwal kerjasama dan jadwal rencana tindakan bersama-sama untuk peningkatan kinerja DKPP Kota Bima, serta pemanfaatan anggaran secara efektif dan efisien. Selanjutnya meningkatkan koordinasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan persampahan secara lintas sektoral dengan melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkepentingan, yang meliputi BAPPEDA, Dinas Kesehatan, Dinas PU, BPMPK, Dinas Dikpora, BLH, dan DKPP.

“Harapannya semoga dengan kerjasama ini masalah persampahan di Kota Bima akan dapat tertangani,” kata Ihya Gazali.

[yudha]

Related

Pemerintahan 5142312692870738919

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

HARI LAHIR PANCASILA

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item