Dispertapa Cetak Sawah Baru 100 Hektare

Pencetakan sawah baru (ilustrasi) AKTUALITA.INFO, BIMA – Dinas Pertaniandan Tanaman Pangan (Dispertapa) Kabupaten Bima akan mencetak s...

Pencetakan sawah baru (ilustrasi)


AKTUALITA.INFO, BIMA – Dinas Pertaniandan Tanaman Pangan (Dispertapa) Kabupaten Bima akan mencetak sawah baru sekitar 100 hektare (Ha) pada delapan kecmatan. Rencananya, program ekstensi (perluasan) areal persawahan itu mulai dikerjakan pada September 2015 mendatang. Tujuannya, untuk mendukung swasembada pangan sebagaimana dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo.

Delapan wilayah yang dibidik dalam percetakan sawah baru meliputi Kecamatan Tambora, Sanggar, Madapangga, Woha, Monta, Parado, Wera, dan Soromandi. Wilayah-wilayah ini merupakan daerah potensial bagi pengembangan produksi tanaman pangan dengan komoditi padi, yang diproyeksikan untuk mencapai swasembada pangan. “Kita sudah siapkan semuanya. Tinggal melakukan pengerjaan fisik,” kata Kepala Dispertapa Kabupaten Bima, Ir Muhammad Tayeb, Rabu (19/08).

Anggaran program cetak sawah baru bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp16 miliar. Pengerjaannya bersifat swakelola, artinya dikerjakan sendiri oleh dinas dan unit-unit teknis terkait lainnya.

Agar program tersebut berjalan efektif sehingga swasembada pangan tercapai, Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD). Lembaga pemerintah dan alat negara ini sudah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding, MoU) terkait program swasembada pangan. TNI akan membantu dan terlibat langsung dalam mencetak sawah baru tersebut. “Untuk pencetakan sawah sebesar itu kami akan menggandeng korps Zeni TNI AD. Pelaksanaan program itu menggunakan mekanisme swakelola,’’ jelas Tayeb.

Jika pengerjaan cetak sawah baru dimulai tepat waktu pada September 2015, maka tiga bulan ke depannya (Desember 2015) diperkirakan sudah rampung. Berdasarkan perencanaannya, cetak sawah baru diupayakan selesai tepat pada waktu musim tanam. “Sehingga saat musim hujan, petani bisa langsung bekerja menanam pada lahan baru tersebut,’’ ujar Tayeb.

Pencetakan sawah baru akan menambah luas lahan pertanian di Kabupaten Bima. Dari luasan sebelumnya sekitar 35.684 Ha, akan bertambah 100 Ha menjadi 35.784 Ha.

[dien]

Related

Headline 1324412904552322737

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item