Pembahasan Dewan Kabupaten Bima Masih Seputar Tatib

  Suasana sidang DPRD Kabupaten Bima. /yudha.aktualita Aktualita.info, BIMA – Pembahasan tata tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Bima masih...

 
Pembahasan Dewan Kabupaten Bima Masih Seputar Tatib
Suasana sidang DPRD Kabupaten Bima. /yudha.aktualita

Aktualita.info, BIMA – Pembahasan tata tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Bima masih berlangsung. Senin 20 Oktober 2014, memasukui hari keempat dengan agenda penyusunan Tatib kode etik dan tata beracara Badan Kehormatan (BK) DPRD setempat.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Bima Drs H Supratman AS M.Si menjelaskan, Tatib itu akan menjadi acuan DPRD selama lima tahun mendatang. Dalam menjalankan tugas selaku wakil rakyat. “Termasuk yang berkaitan dengan kode etik kepemimpinan,” katanya.

Ketentuan itu kata H Supratman, telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2010, dan Undang-undang MD3 Nomor 27 Tahun 2009. Tentang, Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah. “Dalam Tatib itu membahas, pedoman pelaksanaan tugas, sistem kerja dan fungsi DPRD. Termasuk untuk pembentukan alat kelengkapan dewan, semua diatur dalam Tatib,” terangnya.

Diakuinya, secara internal penyusuanan tatib tersebut sudah rampung. Tinggal disesuaikan dengan UU yang berlaku di Kementerian Hukum dan HAM RI. Untuk itu lanjutnya, rancangan Tatib tersebut akan dikonsultasikan terlebih dahulu ke Kementerian tersebut. “Setelah disetujui kementerian, baru Tatib itu diberlakukan,” katanya.

Berdasarkan jadwal kata H Supratman, pembahasan itu ditargetkan tuntas pada 27 Oktober mendatang. Karena pada tanggal 29 Oktober akan digelar pelantikan Ketua DPRD Definitif. Dilanjutkan 30 Oktober akan dilanjutkan dengan pembentukan alat kelengkap dewan. “IsyaAllah semuanya akan dipercepat, agar DPRD ini dapat segera berkerja sesuai kewajiban mereka,” pungkasnya.

[act2]

Related

Politik 4341693730396194475

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item