Perangi Pungli, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Akan Canangkan 'Zona Zero' Pungli

AKTUALITA.INFO , Dompu – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, H Ikhtiar SH, akan mencanangkan wilayah ...

AKTUALITA.INFO, Dompu – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, H Ikhtiar SH, akan mencanangkan wilayah bebas pungutan liar (Pungli).

H Ikhtiar
Pencanangan gagasan yang Ia istilahkan Zona Zero Pungli tersebut, untuk menciptakan zona integritas seluruh jajaran di lingkunan dinas setempat dan jajaran pendidikan yang ada. "Tidak boleh ada Pungli di jajaran saya. Harus nol Pungli," kata Ikhtiar di Dompu, Minggu (23/10/2016).

Pencanangan tersebut seiring dengan semangat yang sedang digalakkan oleh Presiden Joko Widodo. Ikhtiar mengatakan, selama ini dirinya selalu menekankan terhadap bawahannya agar tidak melakukan Pungli dari seluruh pelayanan.

Ikhtiar mengaku, dirinya pernah membebas tugaskan stafnya di bagian data, karena diketahui kerap melakukan pungutan di luar ketentuan terhadap guru. "Tanpa panjang lebar staf-staf itu langsung saya bebas tugaskan dari fungsinya selama ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan, cara menciptakan Zona Zero Pungli yakni dengan cara menyampaikan imbauan kepada seluruh jajarannya. Kemudian mengeluarkan surat edaran, yang salah satu isinya kontak pengaduan.

Tidak saja langkah preventif, namun akan diambil aksi nyata seperti operasi langsung sebagai tindak lanjut dari pengaduan masyarakat. Rencana ini akan dikoordinasikan dengan bupati dan penegak hukum supaya efektif dalam pelaksanaannya. "Ini bukan gertakan, tapi akan direalisasikan," katanya.

Ikhtiar yakin bahwa program yang akan dicanangkannya mendapat apresiasi dari siapapun. Karena pihaknya dari dulu punya komitmen kuat agar tidak ada Pungli di sekolah dan dinas. "Insya Allah akan berhasil atas dukungan semua pihak," tandas dia.

[yani]

Related

Pemerintahan 3062463483058945611

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item