Minimalisasi Illegal Fishing, Petugas Tingkatkan Patroli‎

Patroli laut petugas perhubungan laut Dishubkominfo Kabupaten Bima bersama aparat Polsek Langgudu. [*rief] ‎ AKTUALITA.INFO , Bima – Pe...

Patroli laut petugas perhubungan laut Dishubkominfo Kabupaten Bima bersama aparat Polsek Langgudu. [*rief]
AKTUALITA.INFO, Bima – Petugas Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishub Kominfo) Kabupaten Bima melakukan patroli laut bersama Kepolisian Sektor Langgudu Polres Bima Kota, Kamis (15/09/2016). Tujuannya untuk meminimalisasi tindakan kriminal di wilayah perairan Kabupaten Bima.
“Memperkecil terjadinya illigal fishing, sangat diperlukan kesiapsiagaan petugas pengawasan bidang perhubungan laut bekerjasama dengan lembaga terkait lainnya, seperti Satuan Polisi Perairan,” kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishub Kominfo Kabupaten Bima, Ahmad SE.
Patroli laut juga untuk mengawasi dan membina nelayan lokal, dan membatasi ruang gerak nelayan asing yang beroperasi di wilayah perairan Kabupaten Bima. “Sehingga nelayan tradisional dapat meningkatkan hasil tangkapannya,” jelas Ahmad, didampingi Kasubag Program dan Pelaporan, Arief Rachman.

Menurut dia, kurangnya pengawasan akan memberikan keleluasaan nelayan menggunakan alat tangkap ikan yang tidak diperbolehkan (illegal) seperti pukat harimau, penggunaan bom ikan dan bahan beracun. “Itu bertentangan dengan kode etik penangkapan ikan,” tandasnya. ‎

Ahmad menjelaskan, penggunaan alat dan bahan ilegal tersebut sangat merugikan kelestarian sumberdaya laut. Karena semata-mata hanya akan memberikan dampak yang kurang baik bagi ekosistem laut. “Akan tetapi memberikan keuntungan yang besar bagi nelayan. Ini tidak bisa dibiarkan terjadi,” tegas dia. “Patroli Laut akan terus kami lakukan untuk memperkecil kegiatan-kegiatan illegal fishing,” Ahmad menambahkan.

[yudha]

Related

Ragam 1004476735646693385

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item