Ratusan Alsintan Dibagikan, Bupati Titip Harapan Pada Dinas dan Petani

AKTUALITA.INFO , Bima – Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP) menitip harapan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultural...

AKTUALITA.INFO, Bima – Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP) menitip harapan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultural agar selalu amanah dalam bekerja, termasuk distribusi bantuan pertanian. Hal itu disampaikannya saat penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani, di dinas setempat, Selasa (26/7).

Bupati Bima saat prosesi penyerahan bantuan Alsintan
"Pada kesempatan ini, khususnya aparatur kami terutama dinas pertanian mulai dari tingkat kabupaten sampai unit pelaksana teknis yang bersentuhan langsung dengan kelompok tani yang ada, untuk betul-betul amanah memberikan bantuan Alsintan ini," katanya.

Bupati IDP mengatakan bantuan Alsintan dikhususkan bagi kelompok tani. Bukan diberikan kepada individu atau kelompok masyarakat non-petani. “Tentunya bantuan yang diterima setiap tahunnya belum mampu memenuhi seluruh kelompok tani yang ada,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tidak semua kelompok tani mendapat anugerah untuk memperoleh bantuan. Diingatkannya, jangan jadikan prosesi penerimaan bantuan tiap tahunnya tersebut menjadi ajang yang hanya sekedar ditampilkan saat penyerahan di dinas setempat, namun wujud fisiknya nanti sudah tidak ada di tempat masing-masing.

“Mari kita sama-sama wujudkan niat baik itu untuk kepentingan bersama dan perkembangan Kabupaten Bima ke depannya. Jangan ketika sudah mendapatkan bantuan, tapi wujud barangnya tidak ditemui lagi di lapangan," kata Bupati IDP.

Menurutnya jika hal itu terjadi, maka menjadi bahan evaluasi bersama agar tidak ada lagi dijumpai adanya kelompok-kelompok fiktif atau makelar bantuan yang bermain. "Saya mengigatkan agar kita bisa jaga bersama. Apa yang didapat tidak hanya dipertanggungjawabkan di dunia, tapi juga dipertanggungjawabkan di akhirat," ingat Bupati IDP.

Kepala Dinas Pertanian Ir Muhammad Tayeb melaporkan, bantuan Alsintan (alat dan mesin pendukung panen dan pasca-panen) yang bersumber dari APBN Tahun 2016 tersebut diperuntukan bagi 209 kelompok tani. Jenis bantuannya antara lain alat perontok padi kecil sebanyak 10 unit, perontok padi sedang 18 unit, alat pemipil 60 unit, dan power thereser multiguna 205 unit, sarana pengangkut roda tiga 4 unit, dan hand traktor 95 unit yang bersumber dari dana aspirasi DPR RI.

Selain itu, peralatan pendukung program hortikultura berupa traktor sebanyak 122 unit (untuk tanaman bawang merah, traktor untuk bawang putih 10 unit, mesin pompa air sebanyak 475 unit, hand sprayer 736 unit, dan plastil mulsa sebanyak 484 rol yang diperuntukan bagi petani cabe.

[moen/adv]

Related

Pemerintahan 5031574267709445702

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

MARHABAN YA RAMADHAN

ASN Netral..!

Comments

Recent

SELAMAT HUT DAMKAR

item