Suwarjono-Arfi, Ketua dan Sekjen AJI Indonesia

Ketua AJI Indonesia terpilih, Suwarjono (dua dari kiri) dan Sekjen Arfi Bambani, pose bersama pengurus AJI Mataram, Haris Mahtul dan A Lat...

Ketua AJI Indonesia terpilih, Suwarjono (dua dari kiri) dan Sekjen Arfi Bambani, pose bersama pengurus AJI Mataram, Haris Mahtul dan A Latif.

Aktualita.info, Bukittinggi – Kongres Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia di Bukittinggi, Sumatra Barat, Tanggal 26 – 30 November 2014 akhirnya berhasil memutuskan ketua dan sekretaris jendral (Sekjen) baru. Dalam pemilihan yang melibatkan 37 AJI kota itu, Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono dan Kepala Kompartemen Politik, Nasional dan Metropolitan VIVA.co.id, Arfi Bambani Amri terpilih sebagai ketua umum dan sekjen Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia periode 2014-2017.

Pasangan ini meraih suara terbanyak saat pemungutan suara dalam Kongres IX AJI di Bukittinggi, Sumatera Barat. Dari total 245 suara, pasangan Suwarjono dan Arfi menang dengan memperoleh 157 suara.

Sementara pasangan Abdul Manan (Redaktur Tempo) dan Rinjani (Jurnalis Forbes), hanya mampu meraih 88 suara. Sebelumnya ada empat kandidat ketua yang akan maju dalam pemilihan ketua AJI. Tapi di arena kongres hanya dua pasangan yang siap hingga proses pemilihan.

Iman Dwi Nugroho (CNN Indonesia) dan Ruslan Sangadji (Koresponden The Jakarta Post), tidak bisa melanjutkan menuju proses pemilihan. Dalam sambutannya, Suwarjono memastikan akan menguatkan AJI kota di seluruh Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan jurnalis. “Selain peningkatan skill anggota, kami juga menekankan pentingnya meningkatkan posisi tawar AJI di tingkat nasional maupun internasional,” kata Jono, sapaannya.

Ia juga akan berusaha semakin menguatkan AJI-AJI Kota dan meningkatkan kesejahteraan jurnalis di daerah. Sementara Arfi menambahkan, pengurusannya akan meningkatkan kapasitas jurnalis dan menekan aligopoli media. Selain itu, ia juga akan membuat wadah khusus sebagai anggota AJI dari pusat sampai daerah, wadah yang tidak hanya sebagai penyaluran karya jurnalistik, juga menopang kesejahteraan.

[act-K]

Related

Ragam 4913536283478089108

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

Recent

Comments

item