Pemkot Deklarasi Pilar Sanitasi Total Nerbasis Masyarakat

Suasana deklarasi pilar sanitasi total berbasis masyarakat. (ist/akt) Aktualita, Kota Bima - Pemkot Bima melaksanakan Deklarasi 3 Pilar Sani...

Suasana deklarasi pilar sanitasi total berbasis masyarakat. (ist/akt)

Aktualita, Kota Bima - Pemkot Bima melaksanakan Deklarasi 3 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke - 58 Kota Bima Tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Seni dan Budaya Kota Bima, Selasa, 29 Desember 2022.

Wali Kota Bima HM Lutfi dalam sambutannya menekankan perlunya melaksanakan 5 Pilar STBM secara disiplin. Yaitu stop buang air besar sembarangan; cuci tangan pakai sabun; pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga; pengelolaan sampah rumah tangga dengan aman; dan pengelolaan limbah cair rumah tangga dengan aman.

Selain 5 Pilar STBM tersebut, lanjut wali kota, dalam strategi penyelenggaraan STBM terdapat tiga komponen yang saling mendukung satu dengan yang lainnya. Yaitu penciptaan lingkungan yang kondusif, peningkatan kebutuhan sanitasi, dan peningkatan penyediaan akses sanitasi. 

"STBM sendiri merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat," jelasnya.

Sementara, Asisten Admimistrasi Umum Setda Provinsi NTB, Nurhandini Eka Dewi, mengatakan, di Bima telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 Pilar STBM. Dengan penerapan STBM tersebut dapat mempercepat penurunan angka stunting di Kota Bima.

"Hal itu sebagai wujud dari pelaksanaan STBM yang merupakan salah satu target dari RPJMN untuk tahun 2024," ungkapnya.

Nurhandini menjelaskan, Program STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat. Tujuannya, sebagai upaya mempercepat peningkatan akses terhadap sanitasi. 

"Dengan mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya," pungkas Nurhandini.

Kegiatan deklarasi Pilar STBM Kota Bima Tahun 2022 dihadiri Sekda Kota Bima Mukhtar Landa, Asisten Administrasi Umum Provinsi NTB Nurhandini Eka Dewi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB Hamzi Fikri, Asisten I Setda Kota Bima Abdul Gawis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima Ahmad, Para Camat dan Lurah.

[akt.02]

Related

Pemerintahan 2487865246385511222

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item