Perpusda Kota Bima Terima Bantuan 1500 Koleksi Buku Bacaan dari Perpusnas RI untuk Sukseskan Budaya Literasi

  Kepala DPAD Kota Bima Ach Fathoni dan Kabid Pelayanan Perpustakaan Edy Sutrisno beserta staf menyampaikan Salam Literasi usai menerima ban...

 

Kepala DPAD Kota Bima Ach Fathoni dan Kabid Pelayanan Perpustakaan Edy Sutrisno beserta staf menyampaikan Salam Literasi usai menerima bantuan koleksi buku bacaan. 

Aktualita, Kota Bima - Keberhasilan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Bima bertransformasi menjadi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, mendapat apresiasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Salahsatu bentuk apresiasi atas keberhasilan Pemkot Bima di bawah kepemimpinan Wali Kota HM Lutfi tersebut, Perpusnas RI memberikan bantuan buku siap layan sebanyak 1500 eksemplar dari 750 judul kepada Perpusda Kota Bima. Buku bacaan telah diterima Perpusda Kota Bima, Rabu, 28 September 2022.

Bantuan tersebut merupakan bentuk stimulasi dari Perpusnas RI kepada Perpusda Kota Bima dalam mengembangkan koleksi buku cetak dan referensi, untuk dapat memenuhi kebutuhan bahan bacaan dan bahan informasi bagi pelajar, mahasiswa, pegawai dan masyarakat maupun pelaku UMKM.

"Alhamdulillah Perpusda Kota Bima, satu-satunya perpustakaan di Provinsi NTB yang menerima bantuan buku dari Perpusnas," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Ach Fathoni.

Toni, sapaan akrab Kepala DPAD Kota Bima, mengapresiasi atas bantuan tersebut. Adanya bantuan ini, menunjukan bentuk perhatian Perpusnas RI terhadap visi Perpusda Kota Bima yang terus berbenah menjadi lebih baik dalam upaya meningkatkan budaya literasi.

"Tentunya dengan penambahan koleksi buku bacaan ini, diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat, terutama bagi pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus," imbuhnya.

Toni mengatakan, banyak keuntungan dan manfaat yang dapat diperoleh dari tambahan buku bacaan tersebut. Wawasan dan pengetahuan (pelajar, mahasiswa, pegawai dan masyarakat) tentang perkembangan teknologi dan informasi akan bertambah. 

"Bantuan buku sangat bermanfaat bagi Perpusda dalam upaya mengembangkan budaya literasi di Kota Bima," ujarnya.

Toni menegaskan, ada dua bentuk apresiasi Perpusnas RI kepada Perpusda Kota Bima atas keberhasilan bertransformasi menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial. 

Yaitu, Perpusda Kota Bima terpilih dalam pembuatan video impact tentang keberhasilan masyarakat memanfaatkan layanan perpustakaan. Tim Program Transformasi PBIS dari Perpusnas RI turun langsung dalam pengambilan video pada tanggal 18-19 September 2022. "Kita (Perpusda) dinilai telah berhasil menemukan solusi untuk permasalahan hidup di masyarakat," ucapnya.

Apresiasi Perpusnas RI yang kedua, sebut Toni, yakni hibah buku bacaan sebanyak 1500 eksemplar dari 750 judul. Terdiri dari buku bacaan anak jenjang usia dini hingga SMA, serta mahasiswa, pegawai dan masyarakat dengan berbagai kategori.

Antara lain kategori karya umum, filsafat, agama, sosial, budaya, bahasa kesusastraan, teknologi terapan, sejarah, kesenian, ilmu pengetahuan murni dan lainnya.

"Apresiasi-apresiasi dari Perpusnas tersebut, sebagai stimulan agar program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial di daerah kita tetap berjalan dengan baik," jelasnya.

Toni menambahkan, amanat Wali Kota Bima HM Lutfi bahwa pada tahun anggaran 2023 program kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial akan ditingkatkan secara terukur, terarah dan terstruktur. 

Prioritas utamanya yaitu, memberikan akses bacaan seluas-luasnya kepada semua kalangan, mampu menjangkau sekolah-sekolah terjauh dengan memberikan fasilitas transportasi antar jemput, menambah jam pelayanan berkunjung ke Perpustakaan pada hari Sabtu, serta menambah koleksi buku-buku berbasis elektronik (e-book). "Salam Literasi, Literasi untuk kita semua," pungkas Toni.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 1025215905264786498

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

HARI LAHIR PANCASILA

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item