Jelang Penyelenggaraan Pemilihan Ketua Osis, Siswa SMPN 4 Kota Bima Berkunjung ke RPP Lawata.

Siswa/Siswi SMP Negeri 4 Kota Bima saat berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima, Rabu (28/9/2022). Aktualita, Kota Bima...

Siswa/Siswi SMP Negeri 4 Kota Bima saat berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata KPU Kota Bima, Rabu (28/9/2022).

Aktualita, Kota Bima - Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis, siswa/siswi SMP Negeri 4 Kota Bima berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Lawata Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Rabu (28/9/2022). Kunjungan siswa/siswi SMP Negeri 4 Kota Bima tersebut dalam rangka ingin mengetahui proses Pemungutan Suara dan Penghitungan di Tempat Pemungutan Suara, serta ingin memperoleh informasi lain tentang sejarah Pemilu dan Demokrasi di Indonesia. 

Kehadiran pelajar SMP Negeri 4 Kota Bima yang didampingi oleh Bapak dan juga Ibu guru tersebut, disambut oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarat dan SDM KPU Kota Bima, Yety Safriati, S.Sos. Sesuai dengan alur pelayanan pengunjung di RPP Lawata, setelah pengunjung mengisi buku tamu, pengunjung kemudian masuk ke ruang Display (pameran). Di sini pengunjung bisa melihat dokumen hasil Pemilu dan juga hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi tentang sejarah Pemilihan Umum dan Demokrasi di Indonesia. 

Dari ruang display, pengunjung diarahkan ke Perpustakaan Mini dan ke Ruang Simulasi TPS. Di Ruang Simulasi TPS, siswa/siswi tersebut dijelaskan tentang penyelenggara pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Kemudian, dijelaskan juga tugas masing-masing dari Ketua dan juga Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Hal lain yang ikut juga dijelaskan adalah perlengkapan yang harus ada di TPS. 

Dari Ruang Simulasi TPS, pengunjung masuk ke Aula Kantor KPU Kota Bima, untuk mengikuti rangkaian akhir dari kunjungan itu. Namun, sebelumnya terlebih dahulu ke Ruang Audio Visual. 

Di Aula, Kadiv Sosdiklih, Parmas dan SDM, menyiapkan 15 pertanyaan untuk pengunjung RPP. Tujuan dari pemberian pertanyaan tersebut, untuk mengetahui sejauh mana pengunjung memahami dan mengerti penjelasan yang sudah disampaikan. 

Diakhir kunjungan tersebut, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yety Safriati menjelaskan sejarah singkat RPP Lawata. Dijelaskan Yety, Rumah Pintar Pemilu adalah pusat pendidikan dan informasi tentang Pemilu. RPP terbuka untuk masyarakat yang ingin mengerti tentang Politik, Pemilu dan Demokrasi. 

“Selain pelajar, masyarakat umum lainnya juga boleh berkunjung ke sini,”ujar Yety. 

Lanjutnya, Rumah Pintar Pemilu diharapkan mampu menjadikan masyarakat Kota Bima menjadi masyarakat yang cerdas dan melek Pemilu. Di sini pengunjung bisa belajar tentang sejarah Pemilu mulai dari Pemilu pertama tahun 1955 sampai sekarang. Bisa belajar tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Wali Kota/Bupati dan Wakil Wali Kota/Wakil Bupati. 

“Pengunjung bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan menarik yang dibuat oleh Rumah Pintar Pemilu,” pungkasnya.  

Perwakilan dari SMP Negeri 8 Kota Bima, Dasmi,S.Pd pada kesempatan itu menjelaskan, di tahun 2022 ini, SMP Negeri 4 Kota Bima masuk sebagai salah satu sekolah penggerak. Dimana salah satu programnya adalah Suara Demokrasi. “Karena kami ditunjuk sebagai pilot project, jadi kami harus memaksimalkan program ini supaya berhasil. Salah satu caranya dengan bekerjasama dengan penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu, Dasmi juga meminta kesediaan KPU Kota Bima untuk melakukan monitoring terhadap penyelenggaraan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis SMP Negeri 4 Kota Bima dalam waktu dekat. “Terimakasih, kami sudah disambut dengan sangat ramah. Kami mohon maaf, apabila selama berkunjung tersua hal-hal yang kurang mengenakan,” pungkasnya. 

Kunjungan RPP tersebut diakhiri dengan foto bersama.

[akt.02]

Related

Politik 5003089720048110321

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item