Perkuat Manajemen Arsip, DPAD Gelar Pelatihan Kearsipan Bagi OPD Lingkup Pemkota Bima

Kepala DPAD Kota Bima, Ach Fathoni, memberikan arahan pada peserta pelatihan kearsipan. Aktualita, Kota Bima - Manajemen Pengelolaan Arsip m...

Kepala DPAD Kota Bima, Ach Fathoni, memberikan arahan pada peserta pelatihan kearsipan.

Aktualita, Kota Bima - Manajemen Pengelolaan Arsip merupakan hal yang sangat penting, karena arsip bagian dari aset pemerintah dan perlu diselamatkan. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan dan pemberlakuan arsip yang baik, serta merupakan alat pertimbangan dalam pengambilan keputusan pemerintah. 

Selain itu, Arsip juga merupakan salah satu ukuran dinas/badan untuk mengukur kinerja dan percepatan pelayanan kepada masyarakat, sebagaimana yang sering diamanatkan oleh Walikota Bima, H Muhamad Lutfi,  pada setiap kesempatan selama ini.

Berkaitan dengan hal itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima menggelar kegiatan magang atau pelatihan kearsipan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Bima.

Kegiatan tersebut dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para petugas kearsipan, mengenai pengelolaan arsip sesuai dengan klasifikasi, serta untuk memahami dan melaksanakan pengaturan dan penyimpanan arsip, sehingga mempermudah penemuan arsip kembali.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Gedung/Depo Arsip DPAD Kota Bima, Senin 13 Juni 2012. Pelatihan kearsipan bagi OPD ini dihadiri Kepala DPAD Kota Bima, Ach Fathoni, didampingi Kabid Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan, dan Kabid Pengelolaan Arsip.   

Peserta pelatihan tersebut sebanyak 8 orang. Terdiri dari dari Dinas Pertanian sebanyak 7 orang, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM 1 orang. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari Senin dan Selasa, 13-14 Juni 2022.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala DPAD Kota Bima, Ach Fathoni. Narasumber pelatihan yakni, Arsiparis dari DPAD Kota Bima Hety Fitriaty. 

Kepala DPAD Kota Bima, Ach Fathoni, menjelaskan, maksud dan tujuan dari kegiatan magang/pelatihan kearsipan ini adalah dalam rangka tertib arsip. Selain itu, mewujudkan keseragaman tata kelola arsip berdasarkan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. 

"Dari pelatihan ini, peserta perwakilan OPD nantinya bisa memberikan akses arsip kepada pengguna yang berhak. Dengan kata lain, mampu memberikan kemudahan akses arsip bagi publik serta perlindungan terhadap

Mantan Kepala Bakesbangpol Kota Bima ini menuturkan, setelah pelaksanaan kegiatan magang, diharapkan agar OPD mampu melaksanakan pengelolaan arsip berdasarkan ketentuan, setelah pelaksanaan kegiatan magang, diharapkan agar OPD mampu melaksanakan pengelolaan arsip berdasarkan ketentuan. Kemudian, mampu dalam hal penganggaran khusus bagi pelaksanaan kegiatan pengolahan arsip seperti pengadaan prasarana dan sarana penunjang pada setiap OPD masing masing.

"Serta peningkatan kompetensi SDM di bidang kearsipan (Arsiparis atau pengelola arsip)," pungkas Fathoni yang juga mantan Kepala Inspektorat Kota Bima ini.

[akt.01]


Related

Pemerintahan 422481552172477955

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

SISWA MAN 2 KOTA BIMA JUARA

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item