Gedung Perpustakaan Daerah Kota Bima Diresmikan, Pelayanan Mulai Dibuka

Prosesi penandatanganan prasasti peresmian gedung Perpustakaan Daerah Kota Bima. Aktualita, Kota Bima - Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi dan...

Prosesi penandatanganan prasasti peresmian gedung Perpustakaan Daerah Kota Bima.

Aktualita, Kota Bima - Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi dan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, meresmikan gedung Perpustakaan Daerah Kota Bima, Selasa 22 Maret 2022. Acara peresmian sebagai tanda mulai dibukanya pelayanan perpustakaan, turut dihadiri Kepala Perpustakaan Provinsi NTB Julmansyah, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri dan Bupati Dompu Kader Jaelani.

Kepala Perpustakaan Nasional, M Syarif Bando mengapresiasi kepedulian pemerintah Nusa Tenggara Barat, khususnya Pemerintah Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu dalam membudayakan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Ia bangga melihat kecakapan pemerintah dalam membangun peradaban yang gemar membaca lewat hadirnya berbagai gedung perpustakaan tersebut, sehingga mampu menunjang dan mewadahi masyarakat untuk datang membaca ke tempat tersebut. 

Kehadiran perpustakaan, lanjut Syarif, menjadi sangat berarti dan bermakna karena dikeliling oleh orang-orang yang mau berupaya untuk mengubah peradaban melalui membaca. Khususnya pada wilayah Nusa Tenggara Barat yang merupakan Provinsi Peringkat ke-10 akan minat baca masyarakatnya.

"Kita bukan lagi orang-orang termarginalkan tetapi orang-orang yang akan mengangkat martabat. Gerakan membaca harus di upayakan. Literasi bukan lagi dibatasi kemampuan merangkai kata, tetapi juga bagaimana menghadirkan gerakan inovasi dari hasil membaca tersebut sehingga berdaya saing global," tuturnya.

Sementara, Kepala Perpustakaan Provinsi NTB Julmansyah menjelaskan, Index Minat Baca masyarakat Provinsi NTB menduduki peringkat ke-10 dari 34 provinsi yang ada dalam hal membaca dan budaya membaca di masyarakat. 

Hal ini kata dia, merupakan suatu kebanggan karena Provinsi NTB telah naik 3 peringkat setelah sebelumnya pada tahun 2021 berada pada peringkat ke-14. Capaian tersebut tidak lepas dari peran serta pemerintah daerah dan para pegiat literasi yang telah berusaha untuk meningkatkan minat baca di tengah masyarakat.

"Dengan peresmian gedung perpustakaan yang ketiga di Pulau Sumbawa, perhatian yang sangat luar biasa telah dibuatnya lima gedung pada satu tahun terakhir di NTB. Tentunya upaya ini akan meningkatkan index literasi dan tingkat minat membaca di NTB," jelas Julmansyah.

Wali Kota Bima HM Lutfi, menyampaikan rasa syukur telah dibangunnya gedung pelayanan perpustakaan yang representatif dan nyaman tersebut. Dengan begitu kata dia, geliat membaca masyarakat Kota Bima akan mampu terwadahi dengan baik.

"Dengan keberadaan perpustakaan ini geliat membaca di Kota dan Kabupaten Bima dan Kabupaten Bompu bisa menambah satu budaya membaca. Perpustakaan sangat penting karena bangsa-bangsa besar budaya membacanya begitu kuat dan panjang, serta mengerti sejarah bangsanya," ungkapnya.

Walikota juga mangungkapkan rasa bangga telah dilaunchingnya aplikasi perpustakaan berbasis android yang dinamakan iBima Kota yang akan membantu menghadirkan bahan bacaan dalam bentuk elektronik.

"Dengan adanya perputakaan ini dari segala lapisan bisa memanfaatkan ketersediaan yang dihadirkan. Ada juga buku elektronik yang hadir dalam aplikasi iBima Kota. Semakin banyak budaya membaca yang kita usahakan," jelasnya.

Diharapkannya, gedung Perpustakaan Daerah Kota Bima mampu dimanfaatkan dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Kehadirannya mampu dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat tanpa terkecuali dan berkepanjangan.

"Harapan saya selaku kepala daerah kita mampu membumikan perpustakaan di setiap daerah di Kota Bima. Dengan bantuan yang diberikan memberikan manfaat yang besar bagi pemerintah Kota Bima," pungkasnya.

[akt 02]

Related

Pemerintahan 760998002257360538

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item