Kebakaran di Kelurahan Panggi, 6 Rumah Warga Hangus Dilalap Si Jago Merah

  Kondisi rumah warga pascakebakaran. AKTUALITA, KOTA BIMA - Kebakaran hebat terjadi di Kelurahan Panggi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Kamis...

 

Kondisi rumah warga pascakebakaran.

AKTUALITA, KOTA BIMA - Kebakaran hebat terjadi di Kelurahan Panggi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Kamis (12/8). Enam rumah dilaporkan hangus hingga rata dengan tanah.

Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah akibat peristiwa itu. Pihak kepolisian masih menyelidiki sumber api yang melahap rumah warga tersebut.

"Kebakaran itu tepatnya di RT 03 Rw 02 Kelurahan Panggi," sebut Kasi Humas Polres Bima Kota, IPTU Jufrin, Kamis sore.

Dijelaskannya, Si Jago Merah awalnya melahap rumah Abdul Nafis (42 thn). Kobaran api merambat hingga ke beberapa rumah warga lainnya.

"Awalnya sekitar pukul 12.00 Wita saudari Jida, Istri dari Abdul Nafis sedang duduk di depan rumahnya. Terus ditanya oleh tetangganya, Lita. 'Jida gak ada kamu masak nasi di atas rumah, soalnya ada asap di rumah mu'. Lalu saudari Jida menjawab 'gak ada saya masak nasi''," tutur Jufri mengutip percakapan keduanya.

Beberapa saat kemudian, lanjutnya, asap semakin membunbung tinggi dan terdapat api dari atas rumah saudari Jida. Melihat kejadian tersebut, Jida baru menyadari bahwa rumahnya telah terbakar dan langsung meminta tolong ke beberapa warga setempat. 

"Sempat dilakukan pemadaman oleh warga dengan menggunakan alat seadanya. Namun api dengan cepat terus membesar sehingga merambat ke beberapa rumah warga lainya dikarenakan posisi rumah yang saling berdempetan," kata Jufrin.

Tidak lama berselang, personil Polsek Rasanae Barat tiba di TKP terjadinya kebakaran dan langsung melakukan pengamanan dan menghubungi Sat Brimob untuk membantu mengevakuasi barang-barang yang dapat diselamatkan.

Pukul 12.15 Wita terang Jufrin, dua unit mobil pemadam tiba di tempat terjadinya kebakaran dan langsung melakukan upaya pemadaman. Sekitar pukul 14.00 Wita, api berhasil dipadamkan. 

"Namun, terdapat 3 unit rumah panggung rata dengan tanah dan 3 unit rumah setengah permanen hangus terbakar," tandasnya.

Pukul 14.25 Wita, kata Jufrin, Dinas Sosial yang terbentuk dari kelompok Tagana (Taruna Siaga Bencana) turun ke lokasi dan meninjau terjadinya kebakaran sekaligus memberikan bantuan terhadap korban kebakaran.

Saat itu, Walikota Bima HM Lutfi, mendatangi TKP dan langsung meninjau korban dan lokasi terjadinya kebakaran.

"Atas kejadian tersebut keseluruhan rumah yang terbakar sebanyak 9 unit rumah. Terdapat 6 unit rumah yang hangus terbakar dan 3 unit rumah mengalami kerusakan ringan. Untuk kerugian secara keseluruhan ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," sebut Jufrin.

[akt.02]

Related

Hukrim 3915421652978680165

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

PENDAFTARAN PPK KAB. BIMA

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item