Jaga Kelestarian Hutan, Kodim Bima dan Masyarakat Deklarasikan Gerakan Jaga Alam dan Air

Deklarasi jaga alam dan air di Desa Keli Kecamatan Woha. AKTUALITA, BIMA - Demi menjaga kelestarian alam, keanekaragaman hayati dan ketersed...

Deklarasi jaga alam dan air di Desa Keli Kecamatan Woha.


AKTUALITA, BIMA - Demi menjaga kelestarian alam, keanekaragaman hayati dan ketersediaan air, Kodim 1608/Bima melaksanakan kegiatan Deklarasi Gerakan Jaga Alam dan Air. Kegiatan bekerjasama dengan Pemuda Peduli Alam dan Air Kabupaten Bima ini, dilaksanakan di So Temba Ndori Desa Keli Kecamatan Woha, Rabu (7/7).


Deklarasi Jaga Alam dan Air dihadiri sekitar 100 peserta. Dihadiri Kasdim 1608/Bima Mayor inf Yudha Bhakti Irawan SE, Camat Woha Irfan Dj SH, Danramil 1608-04/Woha Kapten Inf Ibrahim, Kapolsek Woha IPTU Saiful Anhar, Kades Keli Drs Ramli dan Mahasiswa KKN STIHM Bima.

"Kami segenap masyarakat kabupaten Bima dengan ini menyatakan, mendukung sepenuhnya gerakan jaga alam dan air guna melindungi kelestarian alam. Kami meyakini bahwa alam dan air adalah sumber daya karunia Tuhan Yang Maha Esa yang harus selalu dipelihara oleh setiap manusia. Mari kita jaga alam maka alam akan menjaga kita," demikian isi deklarasi yang disampaikan seluruh peserta.

Usai pembacaan deklarasi, seluruh peserta menanam pohon di lokasi setempat. Diawali penanaman secara simbolis oleh Kasdim 1608/Bima, Mayor Inf Yudha Bhakti Irawan.

Camat Woha Irfan Dj mengatakan, penanaman pohon dilaksanakan di lokasi sumur Temba Ndori. Pemilihan lokasi tersebut, karena Temba Ndori merupakan sumur yang paling bersejarah di desa setempat. 

"Mata air di sumur ini adalah sumber kehidupan nenek moyang kami di Desa Keli sejak dulu sampai sekarang. Sehingga kami berkewajiban untuk melestarikan mata air ini," katanya.

Ia berharap, masyarakat Desa Keli tetap merawat pohon yang ditanam dan menjaga mata air yang menjadi sumber kehidupan untuk selamanya. 

Sementara itu, Kasdim 1608/Bima Mayor Inf Yudha Bhakti Irawan menuturkan, deklarasi jaga alam dan air bertujuan untuk mengajak masyarakat Bima agar sama-sama menjaga kelestarian alam dan air. Ia berharap masyarakat dapat mencegah terjadinya penebangan secara liar yang mengakibatkan hutan gundul. "Kita jaga alam maka alam akan menjaga kita," katanya.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 3982112189622480008

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item