Gandeng Gerkatin, KPU Akan Sosdiklih Segmen Pemilih Disabilitas

AKTUALITA.INFO , BIMA - KPU Kabupaten Bima mengagendakan sosialisasi pendidikan pemilih (Sosdiklih) secara konvensional atau tatap muka lang...

AKTUALITA.INFO, BIMA - KPU Kabupaten Bima mengagendakan sosialisasi pendidikan pemilih (Sosdiklih) secara konvensional atau tatap muka langsung terhadap segmen pemilih disabilitas. Rencananya, akan turun pada akhir September 2020 ini.

Ady Supriadin
Komisioner KPU Kabupaten Bima Ady Supriadin mengatakan, Sosdiklih tatap muka langsung terhadap para penyandang disabilitas penting dilakukan mengingat keterbatasan yang mereka miliki. Apalagi, jumlah pemilih di segmen ini sekitar 900 orang yang masuk dalam data pemilih.
“Pemilih disabilitas Ini perlu pendekatan khusus karena butuh metode tersendiri,” katanya.

Untuk kelancaran kegiatan tersebut, KPU kabupaten Bima melibatkan komumitas difabel. Yakni, DPC Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Bima yang diketauai Try Andri Dinosi SH.

“Dalam waktu dekat atau akhir September ini kita rencanakan turun sosialisasi khusus yang difasilitasi oleh Gerkatin,” ujar mantan wartawan ini.

Gerkatin ini kata dia, banyak membantu kegiatan terkait sosialisasi Pilkada. Misalnya, dilibatkan dalam pembuatan video iklan layanan masyarakat untuk segmen pemilih disabilitas. “Try Andro (Ketua Gerkatin) ini yang membantu menerjemahkan,” ungkapnya.

Ady menambahkan, apa yang dihasilkan pada kegiatan ini selanjutnya para peserta menyampaikan kepada keluarga, teman serta tetangga sehingga mereka juga mendapatkan pemahaman yang sama tentang Pilkada.

“Pilkada bukan hanya untuk golongan orang tertentu, tapi untuk seluruh rakyat tak terkecuali kaum disabilitas. Melalui Pilkada ini merupakan perwujudan kedaulatan rakyat untuk menentukan pemimpin secara sah,” pungkas Ady.

[akt.02]

Related

Politik 8743192180536087841

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item