Peringati Hari Jadi Bima ke-380 Tahun, Museum Asi Mbojo Gelar Kajian Sejarah

AKTUALITA.INFO , BIMA - Museum Asi Mbojo kembali menggelar kegiatan Kajian Sejarah dan Budaya di aula museum setempat, Sabtu (4/7). Kegiata...

AKTUALITA.INFO, BIMA - Museum Asi Mbojo kembali menggelar kegiatan Kajian Sejarah dan Budaya di aula museum setempat, Sabtu (4/7). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Inovasi Soba Asi atau Sahabat Museum Asi Mbojo, memperingati Hari Jadi Bima ke-380 Tahun.

Kajian Sejarah peringati Hari Jadi Bima.
“Kajian sejarah baru digelar setelah penerapan new normal pasca pandemi Covid-19,” ujar Kepala Museum Asi Mbojo, Ruslan S Sos, Sabtu.

Dikatakannya, kegiatan dilaksanakan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan yakni, mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh dan masker. Peserta kegiatan sebanyak 60 orang dari Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Pria yang akrab disapa Alan Malingi ini mengungkapkan, sebelum pandemi Covid-19 pihaknya telah menggelar 2 kali kajian sejarah. Yaitu, pada bulan Februari dan Maret 2020.

Diakuinya, Program Soba Asi digulirkan sejak Januari 2020. Program ini terdiri dari study dan kajian sejarah budaya, wisata sejarah, belajar aksara Bima, kursus alat musik dan tari klasik Istana Bima dan pagelaran seni budaya.

“Program Soba Asi mendapatkan partisipasi publik dalam rangka meningkatkan kunjungan di Museum Asi Mbojo dan menanamkan kecintaan masyarakat terhadap sejarah dan budaya,” ungkap Alan Malingi.

Kajian sejarah memperingati Hari Jadi Bima ke-380 tahun, mengangkat tema Kesultanan Bima Pusat Islam di Nusa Tenggara. Menghadirkan narasumber Pegiat Budaya Fahru Rizki, Ketua STIT Sunan Giri Bima Dr Sukri Abubakar dan Kepala Museum Asi Mbojo sendiri, Alan Malingi. Dengan moderator Suryadin SS MSi dari Dinas Kominfostik Kabupaten Bima.

[akt.02]

Related

Sosbud 8873853826679972800

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

PENDAFTARAN PPK

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Comments

Recent

HUT 22 TAHUN KOTA BIMA

item