Pemkab Bima Bentuk Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19

Rakor pembentukan gugus tugas pencegahan penyebaran Covid-19. [akt/ist] AKTUALITA.INFO , BIMA - Pemerintah Kabupaten Bima membentuk Gug...

Rakor pembentukan gugus tugas pencegahan penyebaran Covid-19. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, BIMA - Pemerintah Kabupaten Bima membentuk Gugus Tugas Bencana Non Alam Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Untuk mengantisipasi meluasnya wabah corona di seluruh wilayah kecamatan. Pembentukannya dilakukan dalam rapat koordinasi (Rakor) di ruang rapat Bupati Bima, Senin (23/3).

Rakor diikuti TNI dan Polri, para pimpinan instansi vertikal, kepala perangkat daerah, para camat dan organisasi profesi terkait. Rakor dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs HM Taufik HAK MSi.

Dalam Rakor Sekda menyampaikan, gugus tugas dibentuk berdasarkan kondisi terkini bahwa Covid-19 telah berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Meskipun Bima saat ini masih negatif Covid-19 katanya, namun jangan dianggap remeh mengingat adanya peningkatan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) yang sudah menyebar ke-10 kecamatan.

“Penyebaran wabah penyakit ini tidak boleh dianggap main-main. Karena itu, semua pihak terkait harus secara sungguh-sungguh mengatasinya,” tegas Sekda.

Dikatakannya, garis koordinasi sangat penting agar pelaksanaan gugus tugas yang dibentuk berjalan efektif dan efisien. Pengawasan ketat pada titik masuk baik Bandara, terminal maupun pelabuhan oleh unit kerja terkait harus segera dilakukan.

Sekda meminta Camat Sape, Kepala Dinas Perhubungan, pihak ASDP, Sah Bandar Udara dan Pelabuhan untuk berkordinasi secara aktif dan memeriksa secara ketat penumpang darat, laut dan udara.

Rakor menghasilkan sejumlah point yang mulai dijabarkan tanggal 24 Maret 2020. Antara lain kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang Covid-19 dilaksanakan oleh seluruh Puskesmas. Kemudian, Penyemprotan desinfektan pada wilayah kecamatan difokuskan di area publik seperti pasar dan terminal.

Selanjutnya, pembentukan call center untuk menangani lalulintas informasi dan koordinsi lintas sektoral di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa di bawah koordinasi Dinas Kominfostik dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Bima. [akt.03]

Related

Pemerintahan 3324266612537242072

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item