Dankel Rp1 Miliar Lebih Dari Cukup, Zainuddin: Tergantung Lurah Selaku KPA Menyiasatinya

Lurah Mande, Zainuddin, S.Pd (kemeja merah) dan rekan yang juga seorang Lurah. [akt] AKTUALITA.INFO , KOTA BIMA - Lurah Mande, Kecama...

Lurah Mande, Zainuddin, S.Pd (kemeja merah) dan rekan yang juga seorang Lurah. [akt]

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA - Lurah Mande, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Zainuddin, S.Pd, telah merencanakan berbagai program kegiatan dengan dana kelurahan (Dankel) tahun anggaran 2020 senilai Rp1 miliar. Kegiatan fisik dan pemberdayaan masyarakat, termasuk pemberdayaan aparatur pemerintahan, telah disusun dalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) kelurahan setempat untuk dikerjakan tahun ini.

“Kegiatan yang kita rencanakan dengan Dankel, ada banyak. Semuanya sudah kita masukan dalam RKA tahun 2020,” ujar Lurah Mande, Zainuddin, S.Pd, Kamis (13/2).

Dikatakan, Dankel senilai Rp1 miliar sudah lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai kegiatan di Kelurahan Mande. Dia meyakini berbagai kegiatan fisik dan pemberdayaan masyarakat maupun aparatur dengan besaran Dankel tersebut, dapat memberi efek positif bagi kemajuan kelurahan Mande.

“Dengan Dankel Rp1 miliar setahun ini, menurut saya, cukup dan tidak cukupnya itu tergantung bagaimana seorang Lurah selaku KPA yang bisa menyiasatinya,” terangnya.

“Kalau berbicara masalah Rp1 miliar itu, bagi saya sudah terlalu bekecukupan. Sangat cukup. Bagaimana kita selaku KPA bisa memanage sesuai dengan kebutuhan yang urgen di lapangan. Malah saya pribadi mengatakan lebih dari cukup,” tambah Zainuddin.

Dia menuturkan, program kegiatan Dankel tahun 2020 ini, sudah tertuang semua dalam RKA. Sesuai kebutuhan masing-masing wilayah di Kelurahan Mande. “Jadi, apa yang tertuang dalam RKA itu sesuai dengan harapan dan keinginan masing-masing lingkungan itu. Baik dari segi fisik maupun pemberdayaannya,” jelasnya.

Zainuddin mengaku, untuk kegiatan fisik pihaknya kami masih menyelaraskan dengan program tahun lalu, yakni rabatnisasi. Sesuai RKA yang telah disusun, katanya, ada beberapa item pekerjaan.

Dia menyebut, kegiatan fisik meliputi pekerjaan jalan menuju kuburan di wilayah Mande 3. Kemudian, ada beberapa pekerjaan rabatnisasi di wilayah Mande 2 dan Mande 1.

“Itu untuk pekerjaan fisiknya yang 40 persen. Selain dari itu, ada rencana juga mau dibangunkan Gapura di 5 titik,” sebutnya.

Untuk program pemberdayaan masyarakat, lanjut Zainuddin, antara lain meliputi kegiatan Posyandu, kegiatan Kampung KB, dan kegiatan Karang Taruna. Selain itu, kegiatan-kegiatan yang mengarah pada peningkatan ekonomi masyarakat juga masuk dalam RKA 2020,

“Hanya saja, kami akan melihat dulu regulasinya seperti apa. Karena di regulasinya belum ada penjelasan secara detail untuk pemberdaya masyarakatnya seperti apa. Karena di dalam RKA itu masih secara umum dikatakan 40 persen untuk fisik, dan 60 persen untuk pemberdayaan masyarakat,” jelas Zainuddin.

Terkait pemberdayaan aparatur pemerintah kelurahan, kata dia, juga telah dimasukan dalam RKA. Hanya saja, menurut Zainuddin, tidak semua terlibat dalam pemberdayaan sesuai RKA. Misalnya, dalam RKA itu tertuang pemberdayaan Kasi Ekonomi, Kasi Pembangunan dan Kasi Pemerintahan.

“Soal insentif atau honor, tergantung dari kinerjanya. Sekalipun dalam regulasinya sudah dijelaskan, tapi kita juga harus lihat kinerja aparatur pemerintahan ini seperti apa,” pungkasnya.
Untuk diketahui, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan, tahun 2020 pemerintah masih memberikan anggaran kelurahan. Anggaran ini akan masuk ke dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Sebagaimana dilansir cnbcindonesia.com, Sri Mulyani tidak menjelaskan lebih detail selama pembahasan asumsi makro, tapi dipastikan anggaran kelurahan akan tetap mendapatkan porsi anggaran

Sri Mulyani menjelaskan, porsi anggaran untuk kelurahan tersebut untuk tahun depan sebesar Rp 3 triliun. Jumlah ini sama dengan total anggaran tahun 2019.

Adapun anggaran tersebut akan dialokasikan untuk 8.212 Lurah dari 410 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia. Ini tetap diberikan pemerintah dalam rangka mendukung dan menjaga kesejahteraan Lurah.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 4308185184042823635

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item