2 Kelas SDN Ntoke Rusak Parah, Siswa Terpaksa Belajar di Tempat Lain

Kondisi luar dan dalam ruangan kelas SDN Ntoke Kecamatan Wera. [akt/ist] AKTUALITA.INFO , BIMA - Kondisi bangunan Sekolah Dasar Neger...

Kondisi luar dan dalam ruangan kelas SDN Ntoke Kecamatan Wera. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, BIMA - Kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ntoke, Kecamatan wera, kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat sungguh memprihatinkan. Sejumlah ruangan kegiatan belajar (kelas) sekolah setempat, rusak parah.

Seorang warga yang melihat langsung kondisi bangunan sekolah beratap genteng tersebut, Adhar menyebutkan, dua ruangan kelas sudah dikosongkan dari kegiatan belajar mengajar karena rusak parah. Atapnya sudah rubuh dan tembok bangunan yang sudah lapuk termakan usia. “Tiga ruangannya lagi sudah bocor. Jadi, kalau hujan siswa belajar di emperan kelas lain,” ungkapnya pada media ini, Rabu (12/2).

Kondisi tersebut diakui Kepala SDN Ntoke, Nurhaidah. Kata dia, ruangan kelas 1 dan 2 sudah tidak bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Kondisi dua ruangan kelas itu sudah berlangsung sejak tahun 2017. “Atap ruangan kelas dan emperannya sudah rubuh,” ujarnya melalui telepon seluler.

Karena sudah tidak layak dipakai sambung dia, kegiatan belajar mengajar siswa kelas 1 dan kelas 2 terpaksa dialihkan ke tempat lain, menggunakan bangunan yang direhab tahun 2015 lalu. Dengan menyekatnya menjadi dua ruangan belajar menggunakan triplek. “Syukur ada ruangan itu yang kita sekat,” katanya.

Nurhaidah mengaku sudah melaporkan terkait kerusakan tersebut. Bahkan, pihaknya telah mengajukan proposal permohonan rehabilitasi. “Tim dari Dinas Dikbudpora sudah turun meninjau langsung," ungkapnya.

Dia menambahkan, jika indikator untuk mendapatkan anggaran adalah Dapodik, maka pihaknya mengaku telah mengisi Dapodik sesuai hasil Bimtek. "Dapodik sekolah kami sudah valid," akunya.

Nurhaidah berharap, pemerintah dapat membantu SDN Ntoke dengan mengalokasi dana rehab melalui Dana Alokasi Umum (DAU) atau dana lainnya. "Semoga ada perhatian dari pemerintah memberikan bantuan anggaran rehab," harapnya.

[akt.01]

Related

Pendidikan 1844856402613011990

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item