Kejahatan Konvensional Wilayah Hukum Polres Bima Kota 638 Kasus, Curanmor Paling Menonjol

Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono SIK (kiri) didampingi Kabag Ops Kompol Tauhid, saat konferensi pers dengan sejumlah wartawan....

Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono SIK (kiri) didampingi Kabag Ops Kompol Tauhid, saat konferensi pers dengan sejumlah wartawan. 

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA-Kejahatan konvensional di wilayah hukum Polres Bima Kota sepanjang tahun 2019, menurun 174 kasus. Pada tahun 2018, kejahatan terjadi sebanyak 812 kasus. Sedangkan tahun 2019, terjadi 638 kasus.

Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono SIK mengatakan, kejahatan konvensional meliputi pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian kendaraan bermotor tersebut, dapat ditekan. Karena selama tahun 2019, Polres Bia Kota dan jajaran terus meningkatkan kegiatan operasional kepolisian di lapangan.

Seperti sebut Kapolres, melakukan patroli dengan skala besar di titik-titik rawan dan rawan jam kejahatan. Kemudian, mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dalam kegiatan kunjungan dan memecahkan masalah (problem solving) di wilayah binaan masing-masing. “Serta penegakan hukum yang maksimal,” katanya.

Kejahatan konvensional di tahun 2019 ungkap Kapolres, yang paling menonjol adalah kasus Curanmor.  Sejumlah kasus Curanmor yang berhasil diungkap, kebanyakan dilatarbelakangi persoalan ekonomi dan gaya hidup. “Uang dari hasil penjualan motor curian ini, salah satunya untuk membeli Narkoba,” ungkapnya.

Diakuinya, kasus penyalahgunaan Narkoba yang terjadi di wilayah hukum Polres Bima Kota dengan wilayah lainnya, berbeda. Di daerah lain seperti di kota-kota besar, jelasnya, Narkoba digunakan untuk menghilangkan stress dan frustasi. “Tapi di daerah termasuk di Bima, Narkoba sebagai gaya hidup,” imbuhnya.

Kapolres menambahkan, untuk menekan jumlah kasus Curanmor dan Narkoba serta kejahatan konvensional lainnya di tahun 2020. Pihaknya akan terus meningkatkan kegiatan operasional di lapangan. Serta memaksimalkan penegakan hukum.

“Upaya antisipasi tahun 2020, kita juga akan tingkatkan peran serta masyarakat dan tingkatkan sinergisitas dengan instansi pemerintah dan stakeholder lainnya,” pungkas Kapolres.

[akt.01]

Related

Hukrim 6304860807820927467

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item