Disambangi PMII, Kepala BNNK Bima Paparkan Progres P4GN

Kepala BNNK Bima (tengah) dan jajarannya (ujung kiri dan kanan) foto bersama pengurus PMII Cabang Bima, sembari memeragan Stop Narkoba. ...

Kepala BNNK Bima (tengah) dan jajarannya (ujung kiri dan kanan) foto bersama pengurus PMII Cabang Bima, sembari memeragan Stop Narkoba.

AKTTUALITA.INFO, BIMA – Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Bima menyambangi BNNK Bima, Rabu (22/1). Mereka disambut Kepala BNNK dan jajaran di aula kantor setempat.

Salah satu perwakilan PMII menyampaikan maksud kedatangan mereka. Katanya, mereka ingin sharing informasi mengenai penyalahgunaan narkoba yang cukup marak terjadi di kalangan anak muda, khususnya di Bima. Dia berharap peran BNNK Bima agar bisa lebih optimal lagi.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bima (BNNK Bima) AKBP Hurri Nugroho, SH, MH, memaparkan progres program P4GN yang telah dilaksanakan di wilayah Bima dan Dompu. 

AKBP Hurri Nugroho, SH, MH menjelaskan bahwa BNNK BIMA dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya senantiasa mengkoordinasikan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya (narkoba) serta memonitor bersama Pemerintah Daerah. “Mengapa dengan Pemerintah Daerah? Ya.. Karena Pemerintah Daerah yang memiliki wilayah,” ucapnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa diawal menjabat sebagai Kepala BNNK BIMA dirinya sudah banyak melakukan upaya sinergitas dengan Pemerintah Daerah di tiga wilayah Kabupaten/Kota Bima dan Dompu baik itu Eksekutif maupun Legislatif.

Pada jajaran Eksekutif BNNK BIMA sudah banyak melakukan sosialisasi P4GN ke berbagai instansi pemerintah serta melakukan deteksi dini Penyalahgunaan Narkoba berupa test urine mulai dari pejabat hingga staf.

Selain itu juga kami meminta kepada pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa agar Dana Desa pada 191 Desa di Kabupaten Bima masing-masing Desa dapat mengalokasikan anggaran untuk sosialisasi P4GN Bagi masyarakat, dan insyaallah akan terealisasi di tahun 2020 ini.

Disamping itu, BNNK Bima juga gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dari tingkat Sekolah Dasar, SMP dan SMA bahkan sampai perguruan tinggi.

Pada level Legislatif diawal kepemimpinan kami telah “menggedor” pihak legislatif baik itu DPRD Kabupaten Bima, DPRD KOTA BIMA maupun Dompu. Hal ini kami lakukan dalam rangka meminta kepada pihak legislatif agar dapat membuat Raperda P4GN, dan hasilnya alhamdulillah di tahun 2020 ini akan segera dibahas, oleh karena itu mohon do’a dari rekan-rekan mahasiswa semoga bisa cepat ditetapkan menjadi Perda P4GN.

Selain melaksanakan kegiatan rutin seperti sosialisasi P4GN, BNNK BIMA juga memiliki klinik Pratama yang memberikan pelayanan rehabilitasi bagi Pecandu Narkotika secara Gratis. Sepanjang tahun 2019 Klinik Pratama BNNK BIMA telah melayani sebanyak 71 orang klien yang tersebar pada Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (LRIP) yaitu di Klinik Pratama BNNK BIMA, RSUD Bima, PKM Sape dan RSUD Dompu.

Di akhir pertemuan Hurri menitipkan harapan kepada adik-adik mahasiswa agar dapat menyosialisasikan kembali ilmu yang di dapat dari BNNK Bima kepada rekan-rekannya di kampus. "Bila ingin mengadakan Kegiatan sosialisasi P4GN kami siap menjadi narasumber, cukup layangkan undangan Insya Allah kami akan hadir," tutupnya.

[akt/hum]

Related

Lipsus 3326787473600049976

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item