5 Desa Belum SPJ-kan Dana Desa Tahap Dua

AKTUALITA.INFO , BIMA -Lima desa di Kabupaten Bima hingga saat ini, belum menyerahkan surat pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan dana desa t...

AKTUALITA.INFO, BIMA -Lima desa di Kabupaten Bima hingga saat ini, belum menyerahkan surat pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan dana desa tahap dua. Padahal, SPJ tahap dua penting sebagai syarat pencairan dana desa tahap tiga.

Tajuddin SH
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tajuddin SH membenarkan, pihaknya belum merealisasikan dana desa tahap tiga bagi lima desa tersebut. Karena belum melaporkan secara resmi sebagai pertanggungjawaban pihak desa terkait penggunaan dana desa tahap dua.

Dia menyebutkan, salah satu desa yang belum menyampaikan SPJ tahap dua ialah Desa Sondosia Kecamatan Bolo. "Sampai dengan hari ini ada lima desa yang belum pencairan tahap tiga, karena belum menyerahkn SPJ tahap dua," kata Tajuddin, Selasa (3/12).

Diungkapkannya, Desa Sondosia belum menyerahkan SPJ tahap dua, karena terkendala persoalan hukum. Begitupun empat desa lainnya. "Penggunaan dana desa tahap satu dan dua Desa Sondosia sedang diproses Aparat Penegak Hukum," tandasnya.

Tajuddin mengaku, pencairan dana desa untuk tahap tiga telah dilakukan sejak bulan September dan Oktober. Sedangkan penggunaannya, sebagian besar desa dalam tahap menyelesaikan laporan pertanggungjawaban. "Kita terus pacu semua desa agar bisa selesaikan di bulan Desember ini," ujarnya.

Dia menambahkan, dana desa untuk Kabupaten Bima ada peningkatan yang cukup signifikan, pada tahun 2020. Selain untuk program pembangunan desa, anggaran tersebut juga dialokasikan untuk meningkatkan kesejahteraan aparat desa.

Sayangnya, Tajuddin tidak menyebut secara rinci besaran peningkatan dana desa tahun 2020. "Yang jelas ada peningkatan yang signifikan untuk semua desa,” imbuhnya.

[akt.02]

Related

Pemerintahan 8115321245937188352

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item