Wakil Wali Kota Bima ke Pejabat: Tingkatkan Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Sehingga Masyarakat tidak Merasa ‘Dipimpong’

Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan membuka Bimtek PPID OPD yang digelar Dinas Kominfo Kota Bima. [akt/ist] AKTUALITA.INFO , KOTA BI...

Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan membuka Bimtek PPID OPD yang digelar Dinas Kominfo Kota Bima. [akt/ist]

AKTUALITA.INFO, KOTA BIMA – Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, mengingatkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Bima agar dapat memahami tugas pokok dan fungsinya.

Ia meminta PPID OPD selalu meningkatkan pengelolaan dan pelayan informasi yang berkualitas, dan membuka informasi seluas-luasnya yang berkenaan dengan institusinya. “Kebijakan yang dihasilkan maupun kegiatan dan penganggarannya juga harus dapat melengkapi data atau dokumen website OPD dan Portal khusus PPID OPD masing-masing, seperti informasi yang bersifat berkala sebagai dasar pengelolaan informasi publik,” kata Feri mengingatkan PPID OPD dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek), Senin, 5 Agustus 2019.

Bimtek PPID OPD diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima di aula kantor Pemkot Bima, Senin, 5 Agustus 2019. Bimtek dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bima, Mukhtar, Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi NTB, Kepala Dinas Kominfo Kota Bima, Supawarman, dan diikuti seluruh perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bima.

Feri mengatakan, Bimtek bermanfaat sebagai bagian dari pengelolaan informasi publik bagi badan publik lingkup Pemkot Bima. Bimtek berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses informasi secara cepat, tepat, dan tanggap sesuai dengan motto PPID Utama Kota Bima.
"Dengan demikian masyarakat tidak lagi merasa dipimpong untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, baik informasi yang bisa diakses secara online maupun informasi manual," ujarnya.

Dijelaskan, tugas PPID sangat penting karena bertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan atau pelayanan informasi publik. “Maka PPID merupakan ujung tombak dalam menciptakan semangat transparansi atau keterbukaan di lingkungan badan publik OPD guna memenuhi permintaan,” jelas Feri.

Kepada seluruh PPID OPD lingkup Pemkot Bima, diharapkan untuk membuka informasi seluas-luasnya yang berkenaan dengan institusinya, serta kebijakan-kebijakan yang dihasilkan dalam memantapkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat.

Demikian pula kepada Admin PPID agar dapat melengkapi data/dokumen website OPD dan Portal khusus PPID OPD masing-masing. Baik informasi berkala setiap saat maupun informasi serta merta, sehingga daftar informasi publik di masing-masing OPD tersedia sebagai dasar pengelolaan informasi publik.

[akt.01]

Related

Pemerintahan 3222613359150976832

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item