Pemkab Dompu dan PLN Sosialisasi Kebijakan Subsidi Listrik

Pemkab Dompu dan PLN Sosialisasi kebijakan subsidi listrik. [yani] AKTUALITA.INFO , Dompu - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Dom...

Pemkab Dompu dan PLN Sosialisasi kebijakan subsidi listrik. [yani]

AKTUALITA.INFO, Dompu - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, mengadakan sosialisasi kebijakan subsidi listrik tepat sasaran dan mekanisme pengaduan, bertempat di Gedung PKK, Selasa 31 Januari 2017.

Sosialisasi kebijakan dimaksudkan untuk memberikan informasi dan pemahaman terhadap masyarakat perihal subsidi listrik yang diberikan oleh negara. Subsidi yang diberikan dipastikan tepat sasaran memenuhi keadilan akses bahwa penerima subsidi adalah masyarakat yang berhak yaitu masyarakat miskin dan tidak mampu berdasarkan data terpadu program penanganan fakir miskin yang disahkan Menteri Sosial.

Selain itu disosialisasi juga mekanisme pengaduan atas persoalan kelistrikan yang dihadapi masyarakat selama ini, termasuk prosedur pelayanan.

Dalam kegiatan itu, pemateri Jefri Husni menyampaikan ada 2 golongan tarif yang dikelompokan untuk konsumen rumah tangga daya 900 VA, berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 tahun 2016, yakni tarif R-1/900, tarif untuk konsumen miskin dan tidak mampu. Dalam kesempatan itu dia mengingatkan jika ada konsumen golongan itu, maka listrik tetap subsidi dan tidak mengalami kenaikan tarif.

Kemudian tarif R-1/900 VA RTM (rumah tangga mampu), yaitu tarif konsumen mampu. Dijelaskan jika ada konsumen golongan tarif tersebut, maka tidak lagi disubsidi dan mengalami kenaikan tarif listrik secara bertahap mulai Januari 2017.

Untuk biaya pemasangan, diketahui ada 4 kelompok daya yang dipersiapkan oleh PLN yakni 450 VA dimana calon pelanggan dikenakan biaya pemasangan sebesar 421 ribu rupiah, token 20 ribu rupiah, dan materai 3 ribu rupiah, sehingga total biaya 444 ribu rupiah.

Selanjutnya daya 900 VA, dengan biaya pemasangan Rp843.000, token Rp20.000 dan materai Rp3.000., sehingga total biaya yang dibayarkan oleh masyarakat adalah Rp866.000.

PLN Rayon Dompu juga menyediakan daya 1300 VA, dimana biaya pemasangan dikenakan sebesar Rp1.218.000., token Rp20.000., dan biaya materai R 3.000., sehingga besarnya keseluruhan biaya yang harus dibayarkan calon pelanggan sebesar Rp. 1.241.000.

Terakhir PLN menyediakan daya 2200 VA, dengan biaya pemasangan Rp2.062.000., biaya token awal Rp20.000., dan biaya materai sebesar Rp3.000., Sehingga keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat jika ingin memasang daya tersebut sebesar Rp2.088.000.

Untuk pengajuan pemasangan listrik baru, calon pelanggan mengajukan permohonan dengan mendatangi langsung kantor layanan PLN terdekat. Setelah melakukan pembayaran pada Bank, melalui ATM atau Kantor Pos terdekat. Setelah pembayaran dilunasi oleh calon pelanggan, maka pihak PLN segera melaksanakan pemasangan APP. Setelah pemasangan, listrik sudah dapat digunakan oleh pelanggan.

Untuk mekanisme pengaduan bagi rumah tangga miskin dan tidak mampu yang belum mendapatkan tarif listrik subsidi, PLN Rayon Dompu mengarahkan masyarakat untuk mengajukannya ke Kantor Desa atau Kelurahan setempat.

Keluhan mengenai pelaksanaan subsidi listrik dapat disampaikan melalui alamat pengaduan Lapor, pada situs www.lapor.go.id atau masyarakat bisa melaporkan langsung melalui layanan SMS ke nomor 1708, dengan cara ketik SL (spasi) Nomor Induk Kependudukan (spasi) id_pelanggan (spasi) isi pengaduan. Selain itu pengaduan juga dapat disampaikan melalui contact center pada nomor 123 dan mendatangi kantor PLN terdekat.

Sebelum menutup kegiatan sosialisasi, pemateri membagikan tips cara bijak pemanfaatan listrik, dimana para pelanggan disarankan untuk menggunakan lampu hemat energi (LHE), mengatur temperatur setrika sesuai jenis bahan pakaian, menggunakan lemari ES hemat energi dan ramah lingkungan.

Tidak hanya itu, pemateri juga membagi tips pada penggunaan mesin cuci, dimana para pelanggan PLN ketika menggunakannya disarankan memasukan pakaian kotor sesuai kapasitas mesin cuci, karena kalau melebihi kapasitas maka akan memaksa mesin cuci bekerja lebih keras.

Sementara untuk pemakaian Air Conditioner atau AC disarankan untuk memilih PK AC yang sesuai dengan kondisi ruangan. Selain itu, pada penggunaan tangki air, agar pompa air tidak menyala ketika keran dinyalakan.

[yani]

Related

Ragam 7703494992244756294

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item