Virus Zika dapat Menimbulkan Kedaruratan Negara, ini Penyebab dan Gejalanya

Ilustrasi AKTUALITA.INFO , Bima – Menurut Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, virus Zika dapat menimbulkan kedaruratan negara. Viru...

Ilustrasi
AKTUALITA.INFO, Bima – Menurut Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, virus Zika dapat menimbulkan kedaruratan negara. Virus tersebut mulai menyebar di beberapa Negara Asia. “Baru-baru ini Singapore yang dikabarkan sudah ada penderita Zika. Kita pun harus ada antisipasi,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3L) Dikes Kabupaten Bima, Siti Raodah SST M.Kes, Jum’at (9/9).

Dikes Kabupaten Bima, hingga saat ini belum menerima laporan adanya warga yang terjangkit virus Zika. Meski begitu, SKPD setempat akan mengantisipasi, karena tingkat mobilisasi penduduk yang tinggi dengan melakukan deteksi dini melalui survailans. 

“Penyakit Zika termasuk jenis penyakit berbasis lingkungan. Hingga saat ini belum ada laporan, tapi kami tetap mengantisipasi,” ujarnya di Dikes Kabupaten Bima.

Dijelaskannya, infeksi virus Zika terjadi melalui perantara gigitan nyamuk Aedes aegypti. Virus Zika yang telah menginfeksi manusia dapat menimbulkan beberapa gejala. Seperti demam, mata merah, dan nyeri sendi. 

“Gejala-gejala penyakit Zika dapat menyerupai gejala penyakit dengue dan chikungunya, serta dapat berlangsung beberapa hari hingga satu minggu,” tutur Raodah.

[yudha]

Related

Ragam 1727866188947782219

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item