Tinjau Lokasi Gempa, Bupati Dompu Salurkan Bantuan Bagi Korban Rumah Rusak

Bupati Dompu menggendong bayi seorang warga Kecamatan Pekat dalam kunjungan ke lokasi gempa, Selasa (2/8). foto: sahrul/hum AKTUALITA.I...

Bupati Dompu menggendong bayi seorang warga Kecamatan Pekat dalam kunjungan ke lokasi gempa, Selasa (2/8). foto: sahrul/hum
AKTUALITA.INFO, Dompu – Gempa yang mengguncang Kabupaten Dompu, Senin pagi (1/8), menyisakan duka bagi korban rumah rusak, khususnya di Kecamatan Pekat. Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin bersama rombongannya, Selasa (2/8/2016), mengunjungi wilayah setempat untuk meninjau dan menyalurkan bantuan kepada warga korban rumah rusak.

Bupati megawali kunjungan di Desa Calabai Kecamatan Pekat. Setelah memberikan bantuan dan melihat langsung kondisi wilayah dan warga desa setempat, Bupati kemudian meninjau dan memberi bantuan di Desa Karombo, Desa Nanga Miro, dan berakhir di Desa Pancasila.

Dalam kunjungannya Bupati menyampaikan rasa keprihatinannya kepada korban gempa. Ia mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan sabar menghadapi bencana. "Kita harapkan korban gempa agar tetap tabah dalam menghadapi musibah ini," ujarnya.

Bupati Dompu meninjau warga Pekat. foto: sahrul/hum
Bupati menyampaikan komitmennya untuk selalu siap membantu kesulitan warga yang terkena gempa. Terutama dalam hal menyiapkan kebutuhan bantuan tanggap darurat bagi para korban. “Kita akan selalu membantu warga yang terkena musibah akibat gempa bumi. Mengenai rumah warga yang rusak, kita akan bicarakan dengan dinas teknis agar segera mengalokasikan anggaran perbaikan,” tuturnya.

Selain meninjau dan menyalurkan bantuan, Bupati Dompu mimpin kegiatan gotong royong bersama masyarakat, TNI dan Polri, serta pegawai Pemkab Dompu di lokasi gempa. “Pemkab Dompu saat ini belum butuh bantuan dari pemerintah pusat, karena dari tingkat kerusakan yang ada masih bisa ditanggulangi oleh APBD Dompu,” kata Bupati.

Ia berujar, untuk dibukanya dapur umum belum dapat dilakukan. Karena efek terjadinya gempa tidak terlalu serius memporak porandakan pemukiman warga dan tidak mengganggu aktivitas warga. “Masyarakat masih bisa masak di rumahnya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Dompu Imran Muhammad Hasan mengatakan, terkait langkah selanjutnya untuk perbaikan dan atau renovasi rumah warga yang rusak, tim akan mengecek dan memverifikasi. Hal itu dilakukan untuk kepentingan penghitungan kebutuhan dalam penyusunan Rencana Anggaran Biaya. "Rumah warga yang rusak akan diperbaiki oleh pemerintah, dengan menggunakan anggaran dari APBD Dompu," tutur Imran.

[sahrul]

Related

Pemerintahan 4450473886421278366

Posting Komentar Default Comments

Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

emo-but-icon

JADWAL PEMBENTUKAN PANTARLIH

Comments

Recent

item